Connect with us

Lifestyle

Manfaat Minum Kopi Setelah Makan, Lancarkan Pencernaan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Sebagian besar diantara kita masih belum mengetahui waktu terbaik untuk minum kopi. Tanpa disadari, tenyata salah satu waktu terbaik minum kopi adalah setelah makan. Selain aroma kopi yang memberi efek rileks atau menenangkan, ada sejumlah manfaat yang didapat dengan minum kopi usai makan.

Dilansir dari Why Should You Drink Coffee After Meals? via ourhomelove.com, minum kopi setelah makan sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Berikut beberapa manfaat mengenai minum kopi setelah makan.

Melancarkan Buang Air Besar

Untuk menjaga kesehatan tubuh, buang air besar secara rutin sangat diperlukan. Kopi memiliki manfaat positif dalam melancarkan pencernaan. Salah satu caranya adalah minum kopi setelah makan. Pencernaan baik disertai proses pembuangan yang baik adalah dua kunci penting untuk usus yang sehat.

Bantu Menjaga Nafsu Makan

Setelah makan besar, terkadang kita masih ingin ngemil atau makan camilan. Jika kebiasaan ngemil tidak dapat terkontrol, nantinya asupan kalori yang dikonsumsi dapat berlebihan dan membuat kita rentan mengalami kenaikan berat badan.

Minum kopi setelah makan dapat membantu anda mengontrol nafsu makan. Bagi kamu yang sedang diet atau berusaha menurunkan berat badan, pilih kopi tanpa tambahan gula atau emanis. Secangkir kopi hitam mempunyai dua kalori dan bebas lemak.

Mencegah Heartburn

Heartburn adalah istilah yang mengacu pada kondisi munculnya sensasi perih dan panas seperti terbakar pada dada. Minum kopi saat perut kosong dapat merusak lapisan dinding perut dan menyebabkan sulit buang air besar dan heartburn. Pada sebagian orang, minum kopi saat perut kosong tak memberi efek negatif.

Akan tetapi Leslie Langevin, MS, RD, CD, seorang ahli gizi bersertifikasi merekomendasikan minum kopi setelah sarapan sehat atau setidaknya didampingi dengan makanan ringan agar perut tidak sakit.

Namun begitu, disarankan untuk minum kopi secukupnya dan sewajarnya. Jangan sampai berlebihan. Sangat disarankan untuk minum kopi setelah makan atau ketika perut tidak dalam keadaan kosong. Apabila punya masalah lambung atau penyakit yang berkenaan dengan sistem pencernaan, sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter sebelum mengonsumsi kopi.