Connect with us

Dunia

Arab Saudi Liburkan Sekolah dan Universitas Terkait Corona

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Riyadh – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah dan universitas mulai Senin (9/3/2020). Hal tersebut guna mencegah penyebaran virus corona baru, COVID-19. Kementerian Pendidikan Arab Saudi mengatakan upaya pencegahan corona dengan menutup seluruh instansi pendidikan itu direkomendasikan oleh otoritas kesehatan dan dirancang untuk melindungi siswa dan staf.

Keputusan itu mencakup semua lembaga pendidikan, termasuk sekolah negeri dan swasta, serta lembaga pelatihan teknis dan kejuruan.

Selain itu, Arab Saudi juga menghentikan pergerakan masuk dan keluar publik dari Qatif untuk mencegah penyebaran virus corona baru. Sejauh ini, sudah ada empat kasus infeksi corona yang dilaporkan.

“Menteri Pendidikan mengarahkan agar sekolah virtual dan pendidikan jarak jauh diaktifkan sementara sekolah ditutup untuk memastikan bahwa proses pendidikan berlanjut secara efektif dan berkualitas,” ujar kementerian itu dikutip dari Arab News.

Menteri Pendidikan Kerajaan Arab Saudi, Hamad bin Mohammed Al-Asheikh, membenarkan bahwa keputusan tersebut adalah langkah pencegahan penyebaran COVID-19. Dirinya mengatakan bahwa kementeriannya tengah melakukan evaluasi harian dan mingguan sebelum sekolah-sekolah dan universitas dibuka kembali.

Sementara Menteri Kesehatan Tawfiq Al-Rabiah membenarkan bahwa tidak ada kasus COVID-19 di fasilitas pendidikan mana pun di Kerajaan.

“Alhamdulillah, situasinya meyakinkan, dan tidak ada kasus di fasilitas pendidikan mana pun. Namun, meningkatnya kasus di negara-negara telah membuat kami ingin meningkatkan keamanan putra dan putri kami. Jadi kami berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan untuk menutup sekolah sementara,” katanya di Twitter.