Connect with us

Dunia

Arab Saudi Liburkan Sekolah dan Universitas Terkait Corona

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Riyadh – Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk meliburkan seluruh sekolah dan universitas mulai Senin (9/3/2020). Hal tersebut guna mencegah penyebaran virus corona baru, COVID-19. Kementerian Pendidikan Arab Saudi mengatakan upaya pencegahan corona dengan menutup seluruh instansi pendidikan itu direkomendasikan oleh otoritas kesehatan dan dirancang untuk melindungi siswa dan staf.

Keputusan itu mencakup semua lembaga pendidikan, termasuk sekolah negeri dan swasta, serta lembaga pelatihan teknis dan kejuruan.

Selain itu, Arab Saudi juga menghentikan pergerakan masuk dan keluar publik dari Qatif untuk mencegah penyebaran virus corona baru. Sejauh ini, sudah ada empat kasus infeksi corona yang dilaporkan.

“Menteri Pendidikan mengarahkan agar sekolah virtual dan pendidikan jarak jauh diaktifkan sementara sekolah ditutup untuk memastikan bahwa proses pendidikan berlanjut secara efektif dan berkualitas,” ujar kementerian itu dikutip dari Arab News.

Menteri Pendidikan Kerajaan Arab Saudi, Hamad bin Mohammed Al-Asheikh, membenarkan bahwa keputusan tersebut adalah langkah pencegahan penyebaran COVID-19. Dirinya mengatakan bahwa kementeriannya tengah melakukan evaluasi harian dan mingguan sebelum sekolah-sekolah dan universitas dibuka kembali.

Sementara Menteri Kesehatan Tawfiq Al-Rabiah membenarkan bahwa tidak ada kasus COVID-19 di fasilitas pendidikan mana pun di Kerajaan.

“Alhamdulillah, situasinya meyakinkan, dan tidak ada kasus di fasilitas pendidikan mana pun. Namun, meningkatnya kasus di negara-negara telah membuat kami ingin meningkatkan keamanan putra dan putri kami. Jadi kami berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan untuk menutup sekolah sementara,” katanya di Twitter.

Dunia

Via Telepon, Presiden Cina Tawarkan Bantuan Hadapi Virus Corona untuk Indonesia

Published

on

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Cina Xi Jinping mengaku siap membantu Indonesia dalam mengatasi wabah penyebaran virus Corona.

Dalam percakapan melalui telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (2/4/2020), Xi mengaku prihatin atas penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan termasuk Indonesia.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Cina, menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia,” tutur otoritas Cina seperti dikutip dari Antara pada Jumat (3/4/2020).

Xi kemudian menawarkan bantuan kepada Pemerintah Indonesia. Xi juga yakin Presiden Jokowi mampu mengatasi pandemi Corona di Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Cina itu mengatakan Indonesia dan Cina sudah saling membantu dalam mengatasi pandemi virus. Presiden Xi juga menekankan pentingnya sinergi yang kokoh sehingga masyarakat internasional mampu melawan Corona.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat Cina telah melewati pencapaian penting dalam memerangi virus Corona sehingga dunia dapat belajar dari mereka.

Tak lupa Jokowi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Cina kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut. Bantuan Cina, ujar Jokowi, sangat penting bagi Indonesia.

Jokowi menyatakan, virus tidak mengenal batas negara dan sudah menjadi musuh bersama umat manusia. Sehingga, katanya, Indonesia siap bekerja sama dengan Cina guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional. Indonesia telah menerima bantuan alat kesehatan dari Cina yang diangkut tiga pesawat berbeda dari Shanghai menuju Jakarta.

Continue Reading

Dunia

Malaysia Lockdown, 4.444 TKI Pulang Lewat Riau

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Provinsi Riau melaporkan sebanyak 4.444 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia yang pulang ke Indonesia lewat provinsi itu. Para TKI ini memilih pulang lantaran Malaysia menerapkan kebijakan lockdown untuk mencegah penyebaran Corona.

“Jumlah TKI sebanyak itu tercatat sejak pekan keempat Maret hingga 1 April 2020,” ujar Kepala Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Riau Chairul Riski, Chairul Riski, dikutip dari Antara pada Kamis (2/4/2020).

Menurutnya, ribuan pekerja migran itu masuk melalui tiga pelabuhan usai sebelumnya diberangkatkan dari Malaysia via Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

“Tiga pelabuhan itu yakni Pelabuhan Tanjung Harapan di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan Dumai di Kota Dumai, dan Pelabuhan Bandar Sri Laksamana di Kabupaten Bengkalis,” katanya lagi.

Ia mengatakan TKI atau WNI yang datang melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti mencapai 2.765 orang. Dari jumlah itu ada 506 orang yang berasal dari daerah lain dan sudah dipulangkan.

Lalu, melalui Pelabuhan Domestik Bandar Sri Junjungan Dumai di Kota Dumai terdapat 331 orang. Dari jumlah itu hanya 16 orang yang merupakan warga kota pelabuhan tersebut, sedangkan 315 lainnya dari daerah lain dan sudah dipulangkan.

Sedangkan yang masuk melalui Pelabuhan Bandar Sri Laksamana di Kabupaten Bengkalis sebanyak 1.348 orang. Dari jumlah tersebut 964 orang adalah warga setempat, sedangkan 194 lainnya sudah dipulangkan ke daerah asalnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Riau Indra Yovi mengatakan, ribuan TKI yang pulang memang langsung ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) lantaran Malaysia termasuk negara penularan penyakit tersebut.

“Seluruh TKI dipantau kesehatannya ketika tiba berupa pengukuran suhu tubuh dan disemprot cairan disinfektan,” tandas dia.

Continue Reading

Dunia

Burberry akan Luncurkan Masker Medis dan Bantu Riset Vaksin Virus Corona

Published

on

Ilustrasi Toko Burberry

Geosiar.com, Inggris – Rumah mode asal Inggris, Burberry akan meluncurkan sebanyak 100 ribu masker guna membantu memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien corona.

Dilansir Metro.co.uk, Burberry mengaku siap ikut memproduksi baju pelindung sejenis astronot serta masker untuk tenaga medis dan pasien di rumah sakit-rumah sakit Inggris. Perusahaan ini juga mengatakan, pakaian dan masker itu akan diproduksi dari pabrik mereka di Yorkshire yang selama ini memproduksi trench coat.

Chief Creative Officer Burberry Riccardo Tisci mengatakan, melalui media sosial bahwa Burberry terlibat aktif berdama masyarakat dunia melawan corona.

“Saya sangat bangga menjadi bagian dari Burberry ikut mendorong komunitas kita bersama-sama melalui masa krisis ini,” tulis dia, dikutip Selasa (31/3/2020).

Selain itu, Burberry juga bakal mendonasikan sejumlah dana untuk Universitas Oxford untuk melakukan riset vaksin Covid-19 yang rencananya akan diujicoba kepada pasien pada April 2020.

Walaupun uji coba vaksin umumnya memakan waktu berbulan-bulan, Burberry akan berkontribusi dalam jangka pendek dengan membagikan sembako untuk masyarakat menengah ke bawah melalui The Felix Project and FareShare.

Sementara itu CEO Burberry, Marco Gobbetti menambahkan, virus ini umumnya mengubah perilaku manusia sehari-hari. Dia berharap Burberry dapat ikut terlibat mendukung perubahan pola hidup manusia lebih baik ke depan.

“Kita bisa mengontrol virus ini dan menolong seluruh dunia sembuh dari pandemi yang membuat frustrasi ini. Bersama, kita bisa melalui ini,” tandas Marco.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com