Connect with us

Nasional

Sandiaga ‘No Comment’ Soal Ahok Jadi Calon Kepala Ibu Kota Baru

Published

on

Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto : dok/ist)

Geosiar.com, Jakarta – Sandiaga Salahuddin Uno mengaku heran mengetahui kabar kalau Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masuk radar calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru. Pasalnya, Ahok baru saja diangkat menjadi Komisaris Utama Pertamina.

“Pak Ahok? Bukannya Pak Ahok baru jadi Komut Pertamina?” ujar Sandi di kawasan Senayan, Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra itu mengatakan kalau Ahok memiliki pekerjaan berat di Pertamina. Ahok pun dinilai belum memperlihatkan hasil kinerjanya di sektor minyak dan gas (migas).

“Tugasnya berat Pak Ahok. Kami cek dulu nih, mana nih hasil rekam jejaknya dia berbulan-bulan ini di Pertamina seperti apa. Karena tadi saya mau komentar mengenai setelah 100 hari dia jadi Komut Pertamina. Apa capaian-capaian Pertamina, naik enggak produksinya? Bagaimana harga-harga minyak dan gas bumi di pelosok Indonesia, sistem distribusinya seperti apa?” lanjut dia.

Menurutnya, mengecek sejauh mana kinerja para pejabat merupakan hal yang jauh lebih relevan buat kepentingan negara ketimbang cuma membicarakan soal posisi jabatan yang terus-menerus berganti.

“Daripada hanya membicarakan posisi-posisi yang terus-menerus berganti tanpa kembali pada esensi berbangsa bernegara, kita punya tugas utama,” imbuhnya.

Kendati demikian, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyerahkan semua keputusan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Saya tidak ada komentar lah. Kalau dia sekarang diproyeksikan ke Kepala Badan Otorita, itu prerogratif presiden. Dan, ya, saya enggak ada komentar kalau itu.” pungkasnya.

Nasional

Melonjak Tinggi, Harga Emas Antam Rp944.000/gram

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Harga emas PT Antam dilihat dari laman Logam Mulia di Jakarta, Jumat (3/4/2020) tercatat melonjak tinggi sebesar Rp26.000 per gram bertahan di angka Rp944.000 per gram dari sebelumnya Rp918.000/gram.

Sementara untuk harga jual emas Antam ikut menanjak drastis sebesar Rp23.000 per gram, sehingga tercatat harga jual emas Antam yakni Rp845.000 per gram.

Transaksi harga jual lantaran potongan pajak, sesuai dengan PMK No 34/PMK.10/2017. Penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk dengan nominal lebih dari Rp10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan 3 persen untuk non-NPWP). PPh 22 atas transaksi buy back dipotong langsung dari total nilai buy back.

Berikut harga pecahan emas batangan tercatat di Logam Mulia Antam :

  • Harga emas 0,5 gram : Rp496.500
  • Harga emas 1 gram : Rp944.000
  • Harga emas 2 gram : Rp1.837.000
  • Harga emas 3 gram : Rp2.734.000
  • Harga emas 5 gram : Rp4.540.000
  • Harga emas 10 gram : Rp9.015.000
  • Harga emas 25 gram : Rp22.430.000
  • Harga emas 50 gram : Rp44.785.000
  • Harga emas 100 gram : Rp89.500.000
  • Harga emas 250 gram : Rp223.500.000
  • Harga emas 500 gram : Rp446.800.000
  • Harga emas 1.000 gram : Rp893.600.000

Potongan pajak harga beli emas sesuai dengan PMK Nomor 34/PMK.10/2017, pembelian emas batangan dikenakan PPh 22 sebesar 0,45 persen (untuk pemegang NPWP dan 0,9 persen untuk non-NPWP). Setiap pembelian emas batangan disertai dengan bukti potong PPh 22.

Continue Reading

Dunia

Via Telepon, Presiden Cina Tawarkan Bantuan Hadapi Virus Corona untuk Indonesia

Published

on

Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Cina Xi Jinping

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Cina Xi Jinping mengaku siap membantu Indonesia dalam mengatasi wabah penyebaran virus Corona.

Dalam percakapan melalui telepon dari Beijing dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada Kamis (2/4/2020), Xi mengaku prihatin atas penyebaran virus yang makin meluas ke berbagai negara dan kawasan termasuk Indonesia.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Cina, menyampaikan rasa simpati kepada masyarakat Indonesia,” tutur otoritas Cina seperti dikutip dari Antara pada Jumat (3/4/2020).

Xi kemudian menawarkan bantuan kepada Pemerintah Indonesia. Xi juga yakin Presiden Jokowi mampu mengatasi pandemi Corona di Indonesia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Komunis Cina itu mengatakan Indonesia dan Cina sudah saling membantu dalam mengatasi pandemi virus. Presiden Xi juga menekankan pentingnya sinergi yang kokoh sehingga masyarakat internasional mampu melawan Corona.

Sementara itu, Jokowi mengatakan bahwa di bawah kepemimpinan Xi, masyarakat Cina telah melewati pencapaian penting dalam memerangi virus Corona sehingga dunia dapat belajar dari mereka.

Tak lupa Jokowi menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan Cina kepada Indonesia dalam mengatasi wabah tersebut. Bantuan Cina, ujar Jokowi, sangat penting bagi Indonesia.

Jokowi menyatakan, virus tidak mengenal batas negara dan sudah menjadi musuh bersama umat manusia. Sehingga, katanya, Indonesia siap bekerja sama dengan Cina guna memperkuat solidaritas dan kerja sama internasional. Indonesia telah menerima bantuan alat kesehatan dari Cina yang diangkut tiga pesawat berbeda dari Shanghai menuju Jakarta.

Continue Reading

Lifestyle

PLN Beri Token Listrik Gratis dan Diskon Tarif 50%, Begini Caranya!

Published

on

Ilustrasi PLN

Geosiar.com, Jakarta – PT PLN (Persero) menyediakan mekanisme atau tata cara mendapatkan pembebasan biaya tarif listrik untuk konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Selain itu juga pemberian keringanan tagihan sebesar 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Para pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar tagihannya bakal dibebaskan langsung pada bulan April, Mei hingga Juni mendatang.

Sedangkan bagi para pelanggan pra bayar bisa memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke nomor WA 08122-123-123 atau bida juga melalui situs resmi PLN. Dengan ID tersebut, pelanggan dipastikan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan didiskon 50%.

Kemudian untuk pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dikutip dari keterangan resmi PLN, Jakarta pada Kamis (2/4/2020), berikut ini mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Guna ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan memperoleh token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hingga kini sudah ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

Proses ini dipastikan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon bisa terlayani semuanya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Ia menyatakan bahwa, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi” tutup Made.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com