Connect with us

Lifestyle

Perangi Corona dengan Olahan Rimpang Berdosis Tepat

Published

on

Ilustrasi minuman temulawak yang dipercaya bisa tangkal virus corona.

Geosiar.com, Lifestyle – Belum ditemukannya vaksin atau obat untuk mengatasi virus corona mengharuskan orang memutar otak agar terhindar dari infeksinya. Beruntung, masyarakat kita sudah diperkenalkan dengan tanaman herbal yang dipercaya ampuh menangkal penyakit sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Salah satu tanaman herbal yang sering digunakan ialah tanaman jenis rimpang seperti jahe, temulawak, kencur, dan kunyit. Rimpang ini sering diolah menjadi jamu sejak jaman dulu. Hingga kini pun masih banyak orang yang mengonsumsi ramuan ini.

Seorang dokter spesialis farmakologi, dr Lonah, Sp.FK saat menjadi narasumber di program Hidup Sehat Tv One, mengatakan bahwa tanaman rimpang tersebut bisa mencegah virus corona.

“Mencegah bisa jadi fakta, karena tanaman rimpang itu memiliki zat aktif seperti curcumin, ini bisa membantu tubuh terhindar dari infeksi corona, tapi untuk terhindar dari corona enggak bisa dicegah hanya minum ini, tapi juga makan makanan sehat, istirahat cukup,” ujar dr Lonah.

Oleh karena itu, tanaman rimpang bisa menjadi solusi dalam pencegahan penyakit akibat virus, termasuk corona. Namun, untuk mengonsumsi rimpang juga perlu diperhatikan. Sebab, wanita hamil, orang dengan kondisi memiliki riwayat batu empedu, dan memilki ganguan lambung tidak dianjurkan untuk mengonsumsi tanaman herbal ini.

Bahkan, mengonsumsi tanaman rimpang juga harus ada aturannya. Yang mana untuk temulawak sebanyak 25 gram per hari atau 2 sendok teh, sedangkan jahe merah tidak boleh lebih dari 5 gram atau 1 ruas jari.

“Caranya digeprek kemudian disiram air hangat, bisa ditambah gula jawa. Tapi perhatikan konsumsinya jangan saat perut kosong,” pungkasnya.

Lifestyle

Virus Corona Belum Reda, CGV Perpanjang Penutupan Bioskop

Published

on

Ilustrasi CGV

Geosiar.com, Jakarta – Pengelola CGV Cinema resmi mengumumkan perpanjangan waktu penutupan sementara jaringan bioskopnya di Indonesia. Penutupan itu hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Keputusan perpanjangan penutupan bioskop itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 dan menjalankan instruksi pemerintah pusat yang ditindaklanjuti dengan beragam Surat Edaran Kepala Daerah di daerah masing-masing.

“Perseroan berkomitmen untuk selalu menyediakan lingkungan bioskop yang aman, nyaman dan sehat untuk para staf dan pengunjung CGV. Keselamatan dan kesehatan mereka adalah prioritas utama di saat masa krisis ini berlangsung,” kata Direktur CGV, Dian Sunardi Munaf dalam siaran persnya, Selasa (7/4/2020).

CGV mengatakan, total ada 68 bioskop, dan 397 layar yang tersebar di 33 kota dan 15 provinsi di Indonesia yang ditutup sementara. Selama masa penutupan, pihak CGV mengaku melakukan langkah pencegahan dengan menyemprotkan disinfektan di auditorium dan ruangan lain.

Pengelola CGV melaporkan bakal terus memantau, serta mengikuti arahan dari pemerintah pusat dan daerah terkait rencana pembukaan kembali jaringan bioskopnya.

Continue Reading

Lifestyle

Punya Masalah Bau Mulut? Coba Cara Ini

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Halitosis atau dikenal dengan bau mulut umumnya muncul akibat bakteri yang menghasilkan sulfur pada permukaan lidah dan di dalam tenggorokan menjadi aktif.

Reaksi kimia itu menghasilkan volatile sulphur compounds (VSC) yang membuat mulut beraroma tidak sedap alias bau.

Bau mulut mudah dihirup oleh lawan bicara saat Anda tengah berbicara atau menghela napas. Walaupun halitosis tidak berbahaya namun menimbulkan ketidaknyamanan pada lawan bicara.

Namun Anda tidak perlu khawatir dan berkecil hati apabila Anda salah satu yang mengalami bau mulut. Selalu ada solusi agar tak bau mulut lagi buat Anda yang mengalaminya.

Sebuah penelitian dari Journal Of Natural Science, Biology And Medicine yang dikutip dari jpnn.com menyarankan pengelolaan kebersihan mulut dan menghindari faktor pemicu bau mulut.

Berikut ini cara mudah untuk mengusir bau mulut.

  1. menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang ber-fluoride
  2. hindari rokok atau produk tembakau lainnya
  3. berkumur dengan obat kumur non-alkohol
  4. minum cukup air untuk menghindari mulut kering
  5. kunjungi dokter gigi secara berkala, siapa tahu masalah bau mulut yang ditimbulkan akibat masalah gigi

Cobalah lakukan cara di atas, setelah mengetahui kondisi bau mulut yang Anda alami. Dengan demikian, Anda bisa percaya diri pada pertemuan dan berbicara dengan lawan bicara tanpa mengkhawatirkan aroma mulut tidak sedap.

Continue Reading

Lifestyle

PLN Beri Token Listrik Gratis dan Diskon Tarif 50%, Begini Caranya!

Published

on

Ilustrasi PLN

Geosiar.com, Jakarta – PT PLN (Persero) menyediakan mekanisme atau tata cara mendapatkan pembebasan biaya tarif listrik untuk konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Selain itu juga pemberian keringanan tagihan sebesar 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Para pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar tagihannya bakal dibebaskan langsung pada bulan April, Mei hingga Juni mendatang.

Sedangkan bagi para pelanggan pra bayar bisa memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke nomor WA 08122-123-123 atau bida juga melalui situs resmi PLN. Dengan ID tersebut, pelanggan dipastikan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan didiskon 50%.

Kemudian untuk pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dikutip dari keterangan resmi PLN, Jakarta pada Kamis (2/4/2020), berikut ini mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Guna ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan memperoleh token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hingga kini sudah ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

Proses ini dipastikan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon bisa terlayani semuanya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Ia menyatakan bahwa, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi” tutup Made.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com