Connect with us

Lifestyle

Penggunaan Hand Sanitizer yang Perlu Diketahui

Published

on

Ilustrasi Hand Sanitizer.

Geosiar.com, Lifestyle – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau masyarakat untuk mencuci tangan secara rutin dan menyeluruh sebagai langkah mencegah penyebaran virus corona Covid-19. Imbauan itupun disetujui pakar di seluruh dunia.

Menjaga perilaku hidup bersih memang sangat penting guna menghentikan penyebaran virus mematikan seperti Covid-19. Dari pada menghabiskan uang untuk membeli masker yang langka dan mahal, mencuci tangan dengan sabun merupakan cara terbaik dalam menangkal penyakit akibat virus corona.

Selain mencuci tangan dengan sabun, menggunakan hand sanitizer pun dinilai ampuh dalam mencegah penyebaran virus asal Wuhan ini. Namun, tak semua hand sanitizer ampuh membasmi virus tersebut. Oleh karena itu, masyarakat diminta jangan asal dalam memilih hand sanitiser karena ada aturan yang berlaku untuk benar-benar membunuh kuman.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat, jenis hand sanitizer yang ampuh membasmi virus ini harus dengan kandungan alkohol minimal 60 persen. Sebab dengan kadar alkohol itulah virus yang menempel di tangan dapat mati.

Menggunakan hand sanitizer juga sebaiknya dilakukan selama 20 detik. Waktu itu dibutuhkan agar seluruh bagian tangan seperti sela jari dan kuku yang terdapat kuman, bisa turut dibasmi. Akan tetapi, CDC lebih menganjurkan masyarakat untuk mencuci tangan dengan air dan sabun.

“Karena mencuci tangan dengan sabun akan lebih baik dibanding hand sanitiser. Kalau memakai hand sanitaser, kamu hanya menempatkan cairan untuk mencoba membunuh virusnya,” tutur dr. Hilary Jones, dikutip dari laman Daily Star, Sabtu (7/3/2020).

Yang sebenarnya perlu diingat adalah hand sanitizer bukan sebagai pengganti untuk membersihkan tangan yang kotor. Ada kondisi tertentu yang menjadikan penggunaanya dianjurkan, yakni saat tidak ada air dan sabun, dan permukaan tangan tidak terlihat kotor.

Lifestyle

PLN Beri Token Listrik Gratis dan Diskon Tarif 50%, Begini Caranya!

Published

on

Ilustrasi PLN

Geosiar.com, Jakarta – PT PLN (Persero) menyediakan mekanisme atau tata cara mendapatkan pembebasan biaya tarif listrik untuk konsumen rumah tangga 450 Volt Ampere (VA). Selain itu juga pemberian keringanan tagihan sebesar 50% kepada konsumen rumah tangga bersubidi 900 VA.

Para pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar tagihannya bakal dibebaskan langsung pada bulan April, Mei hingga Juni mendatang.

Sedangkan bagi para pelanggan pra bayar bisa memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke nomor WA 08122-123-123 atau bida juga melalui situs resmi PLN. Dengan ID tersebut, pelanggan dipastikan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan didiskon 50%.

Kemudian untuk pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50% akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Dikutip dari keterangan resmi PLN, Jakarta pada Kamis (2/4/2020), berikut ini mekanisme pengambilan token gratis untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA dan diskon 50% untuk Pelanggan Rumah Tangga daya 900 VA bersubsidi.

Mekanisme website dengan cara:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Bisa juga mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123. Dengan cara :

  1. Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Guna ID Pelanggan tersebut, pelanggan akan memperoleh token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Hingga kini sudah ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem.

Proses ini dipastikan tuntas dalam sepekan ke depan, sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon bisa terlayani semuanya.

“Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada tanggal 1 april, paling lambat tanggal 11 april seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut,” kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN, I Made Suprateka.

Ia menyatakan bahwa, kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

“Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi” tutup Made.

Continue Reading

Lifestyle

Sempet Ditunda karena Corona, Minions: The Rise of Gru Dipastikan Rilis Juli 2021

Published

on

Minions

Geosiar.con, Film – Minions: The Rise of Gru yang seharusnya dirilis tahun ini ditunda penayangannya hingga tahun depan lantaran mewabahnya virus corona. Universal dan Illumination sudah memutuskan untuk menayangkan film ini pada 2 Juli 2021 mendatang.

The Hollywood Reporter menyatakan pada Kamis (2/4/2020), pengumuman ini dirilis oleh Universal karena banyaknya perubahan pada jadwal film yang sudah ditetapkan sebelumnya.
Selain itu, penutupan bioskop yang belum pernah terjadi membawa pengaruh terhadap proses produksi dan pasca produksi.

Selain Minions: The Rise of Guru, film Sing 2 yang seharusnya tayang pada 2 Juli 2021, terpaksa mundur menjadi 22 Desember 2021. Yakni Wicked untuk sementara belum ditentukan kapan mulai tayang di bioskop.

Pada bulan lalu, Universal dan Illumination mengatakan tidak mungkin menyelesaikan pasca produksi untuk The Rise of Gru tepat waktu, mengingat mereka sudah menutup studio Illumonation Mac Guff di Paris.

Penundaan Sing 2 bakal menguntungkan pihak Universal dan Illumunation, karena tidak ada yang yakin kapan bioskop dan produksi itu dapat kembali berjalan seperti biasa.

Kemudian Wicked yang merupakan adaptasi lama dari musikal Broadway dengan nama yang sama akan dirilis kemudian tanggal tayangnya.

Continue Reading

Dunia

Burberry akan Luncurkan Masker Medis dan Bantu Riset Vaksin Virus Corona

Published

on

Ilustrasi Toko Burberry

Geosiar.com, Inggris – Rumah mode asal Inggris, Burberry akan meluncurkan sebanyak 100 ribu masker guna membantu memenuhi kebutuhan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang menangani pasien corona.

Dilansir Metro.co.uk, Burberry mengaku siap ikut memproduksi baju pelindung sejenis astronot serta masker untuk tenaga medis dan pasien di rumah sakit-rumah sakit Inggris. Perusahaan ini juga mengatakan, pakaian dan masker itu akan diproduksi dari pabrik mereka di Yorkshire yang selama ini memproduksi trench coat.

Chief Creative Officer Burberry Riccardo Tisci mengatakan, melalui media sosial bahwa Burberry terlibat aktif berdama masyarakat dunia melawan corona.

“Saya sangat bangga menjadi bagian dari Burberry ikut mendorong komunitas kita bersama-sama melalui masa krisis ini,” tulis dia, dikutip Selasa (31/3/2020).

Selain itu, Burberry juga bakal mendonasikan sejumlah dana untuk Universitas Oxford untuk melakukan riset vaksin Covid-19 yang rencananya akan diujicoba kepada pasien pada April 2020.

Walaupun uji coba vaksin umumnya memakan waktu berbulan-bulan, Burberry akan berkontribusi dalam jangka pendek dengan membagikan sembako untuk masyarakat menengah ke bawah melalui The Felix Project and FareShare.

Sementara itu CEO Burberry, Marco Gobbetti menambahkan, virus ini umumnya mengubah perilaku manusia sehari-hari. Dia berharap Burberry dapat ikut terlibat mendukung perubahan pola hidup manusia lebih baik ke depan.

“Kita bisa mengontrol virus ini dan menolong seluruh dunia sembuh dari pandemi yang membuat frustrasi ini. Bersama, kita bisa melalui ini,” tandas Marco.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com