Connect with us

Politik

Demokrat Nilai Kemenkes Anggap Remeh Virus Corona

Published

on

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Didi Irawadi.

Geosiar.com, Jakarta – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat, Didi Irawadi menilai Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terlalu menganggap remeh virus corona. Dia mengingatkan bahwa virus ini sudah membunuh lebih dari 3.000 orang di seluruh dunia.

“Heran pihak pemerintah atau Depkes masih saja terkesan anggap remeh, menganggap tingkat kematian 3 persen itu rendah. Tentu tidak patut bandingkan dengan SARS dan sebagainya. Fakta yang sangat mengkhawatirkan jelas-jelas sudah terjadi, sekitar 3.350 korban lebih telah meninggal. Apakah jumlah ini tetap dianggap kecil oleh Depkes?” ujar Didi Irawadi, seperti dikutip dari detikcom, Sabtu (7/3/2020).

Menurutnya, pemerintah terkesan menganggap virus corona seperti penyakit flu biasa. Pandangan inilah yang justru berbahaya. Apalagi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri sudah menetapkan virus ini situasi darurat internasional.

“Terkesan bahwa Depkes menganggap ini seperti influenza yang biasa atau umum. Ini pandangan yang bahaya, andai ini dianggap Depkes seperti influenza biasa (seperti yang disebut jubir Depkes saat konferensi pers), maka tentu tidak mungkin dunia internasional (utamanya WHO) sudah menyatakan sebagai situasi darurat internasional,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, ia menyarankan agar Indonesia berkaca dari negara lain yang sudah menutup akses perjalanan dari dan menuju negaranya.

“Ada screening yang sangat ketat di pintu masuk banyak negara. Bahkan sebagian negara sudah menutup pintu masuk ke negara tersebut. Contoh Umroh pun sementara dari negeri kita di ban (tutup sementara). Mari berkaca dan lebih bijak saat banyak negara sudah berlakukan situasi emergency,” pungkasnya.