Connect with us

Lifestyle

Bisakah Cengkeh dan Tuak Jadi ‘Obat Penawar’ Virus Corona?

Published

on

Ilustrasi cengkeh.

Geosiar.com, Lifestyle – Pemerintah sedang berjuang untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di Indonesia, setelah dua warga asal Depok dinyatakan positif terinfeksi virus asal Wuhan ini. Apalagi hingga saat ini belum ditemukan vaksin atau obat yang bisa menyembuhkan si penderita.

Belum tersedianya vaksin atau obat penangkal corona semakin menambah kepanikan di masyarakat luas. Karenanya, para ahli kesehatan lebih menyarankan masyarakat untuk lebih meningkatkan kekebalan tubuh. Bisa dengan membersihkan diri dan lingkungan secara teratur dan menyeluruh, hingga meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat.

Berhubungan dengan kekebalan tubuh, masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan cara-cara tradisional seperti mengonsumsi jamu atau memanfaatkan rempah-rempah lainnya. Bahan herbal ini pun dipercaya mampu menangkal berbagai macam virus, karena bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Hal ini juga dibuktikan dengan penelitian Guru Besar Biologi Molekuler Unair, Prof. Chaerul Anwar Nidom, yang mengatakan jika sari rempah-rempah atau curcuma asli Indonesia dapat menangkal virus corona. Beliau mengatakan virus corona masih berkerabat dekat dengan virus influenza, yang bisa ditangkal dengan kandungan kurikumin dalam tumbuhan curcuma.

Sehingga, ia pun menyarankan agar masyarakat mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung curcuma. Adapun curcuma yang dimaksudkan ialah jahe, kunyit dan tamulawak.

Pengalaman menarik juga disampaikan mantan pasien virus corona, Connor Reed (25). Guru asal Inggris ini didiagnosa terinfeksi virus corona dua bulan lalu. Ia mengaku bisa sembuh setelah mengonsumsi whisky panas dengan madu secara rutin, tanpa minum antibiotik yang diberi dokter. Selain dengan madu, Connor Reed juga mencampur whisky-nya dengan cengkeh.

Mengulik tentang whisky, Indonesia juga punya minuman tradisional sejenis, yaitu tuak. Sama-sama mengandung alkohol, tuak juga dipercaya bisa menjaga kekebalan tubuh apabila dikonsumsi sesuai dengan takaran kesehatan.

Berdasarkan pengalaman pasien eks corona dan penelitian seorang profesor di atas, rempah-rempah tradisional mempunyai andil sebagai ‘obat penawar’ virus corona. Bila dikonsumsi secara rutin, ramuan tradisional itu dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh atau bahkan menyembuhkan si penderita dari penyakit yang disebabkan virus.

Lifestyle

Gak Bisa ke Salon karena #Dirumahaja? Manfaatkan Wortel untuk Rambut Anda

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Demi memutus rantai penularan virus Corona Covid-19, masyarakat diimbau agar di rumah saja. Hal itu membuat kaum Hawa tidak bisa melakukan perawatan, termasuk perawatan rambut dan kulit kepala di salon.

Akan tetapi Melissa Goh, jurnalis gaya hidup dari AsiaOne, mengakali dengan cara menggunakan jus wortel saat tidak bisa ke salon. Bukan diminum, ia menggunakan jus wortel untuk mencuci rambut.

Sudah jelas, rambut bersih dan berkilau adalah dambaan semua perempuan. Di sisi lain, wortel adalah sayuran dengan segudang manfaat bagi kesehatan.

“Wortel sudah lama digunakan sebagai bahan pengobatan rambut rontok, dan dipercaya bisa membuat rambut lebih kuat dan tidak mudah patar, serta membuatnya lebih berkilau,” jelas Goh, seperti dilansir dari Asia One pada Jumat (27/3/2020).

Cara membuatnya pun mudah. Goh mengatakan hanya perlu membuat jus wortel biasa yang agak encer. Bisa juga menambahkan bahan-bahan lain, akan tetapi tidak disarankan menggunakan jus wortel yang dijual di pasaran karena sudah ditambah gula.

Kemudian, masukkan jus wortel ke dalam botol spray dan semprotkan secara merata ke seluruh permukaan rambut.

Diamkan selama 15 menit, agar rambut bisa menyerap nutrisi dari wortel. Apabila sudah selesai, Anda tinggal menggunakan produk conditioner dan sampo rambut seperti biasa.

Begitulah cara menggunakan jus wortel untuk membuat rambut lebih bersih dan berkilau.

Continue Reading

Dunia

Corona di Cina Mereda, Bioskop Siap Dibuka

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Cina – Virus corona atau COVID-19 di Cina semakin mereda. Kondisi tersebut membuat otoritas film mengambil langkah untuk membuka kembali bioskop-bioskop yang sempat tutup. Langkah awal dengan menayangkan film-film box office lawas seperti The Avengers (2012) serta Inception (2010).

Dilansir dari Deadline, pada Kamis (26/3/2020), akan ada sekitar 500 bioskop yang dibuka di Cina. Sebelumnya, ada sekitar 70 ribu layar bioskop yang terpaksa ditutup lantaran wabah corona pada akhir Januari.

“Akhir pekan terakhir ini menyaksikan 500 lebih bioskop dibuka, dan harapannya adalah situasi kembali normal dan terus berlanjut,” kata seorang sumber.

“Saya pikir ini lebih tentang membuat para penonton nyaman dengan pergi ke bioskop … Orang-orang harus diyakinkan,” lanjutnya dikutip dari tempo.co.

Selain akan menayangkan Inception, Warner Bros juga sudah mengonfirmasi akan menayangkan kembali film hit-nya, Interstellar (2014).

Continue Reading

Lifestyle

Virus Corona dapat Hidup di Hp, Begini Cara Membersihkannya

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Lifestyle – Saat ini Virus Corona telah menyebar ke banyak negara di dunia. Salah satunya adalah Indonesia. Semua orang diimbau untuk menjaga kesehatan dan kebersihan saat melakukan aktivitas.

Selain menggunakan masker saat sedang sakit dan menggunakan pembersih tangan secara berkala untuk menangkal virus Corona, ternyata perangkat pribadi seperti handphone (hp), tablet, dan laptop juga perlu untuk dibersihkan.

Dilansir dari Boldsky pada Sabtu (14/3/2020) Hp dan sejenisnya adalah sarang untuk bakteri dan virus yang meningkatkan risiko infeksi.

The Journal of Hospital Infection menyatakan, virus corona manusia sama seperti SARS dan MERS yang bisa hidup di permukaan kaca, plastik, atau logam dalam jangka waktu sembilan hari. Ini berarti kamu juga perlu membersihkan Hp dengan tepat.

Seperti dikutip dari fimela.com, berikut ini cara membersihkan hp atau alat elektronik lain dari virus dengan tepat.

  1. Jika hp-mu tahan air, gunakan sabun dan air atau hand sanitizer untuk membersihkan layarnya.
  2. Gunakan tisu dan banyak hand sanitizer untuk membersihkan laptop
  3. Jika hp-mu tidak cukup tahan air, usap layar secara lembut menggunakan kain serat mikro yang sedikit lembap.
  4. Jika hp-mu menggunakan bingkai atau pelindung tambahan, jangan lupa dibersihkan juga menggunakan kain basah.

Hindari lakukan hal-hal ini

  1. Jangan usap layar hp dengan tisu disinfektan atau alkohol karena akan merusak layar.
  2. Hindari menyentuh layar laptop atau hp orang lain. Serta hindari juga menggunakan perangkat elektronik milik orang lain.
  3. Jangan gunakan pembersih rumah tangga, pelarut, dan semprotan aerosol untuk membersihkan perangkat. Bisa menyebabkan perubahan warna dan merusak perangkat.
    Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.
Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com