Connect with us

Sumut

Awas! Polisi Bakal Tindak Tegas Oknum Penimbun Masker di Medan

Published

on

Kertas pengumuman "Maaf Stock Masker Kosong" dipasang di pintu Apotik Hayam Wuruk, Jogja

Geosiar.com, Medan – Pasca dua orang warga Indonesia positif virus corona atau Covid-19, keberadaan masker tiba-tiba hilang di pasaran. Menanggapi hal itu, Polda Sumatera Utara (Sumut) mengatakan akan menindak tegas orang-orang yang menimbun masker demi meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menyebutkan, kini permintaan masyarakat untuk mendapatkan masker sangatlah tinggi. Hal itupun dimanfaatkan sejumlah orang yang mencoba meraih keuntungan besar dengan menimbun masker. Oleh karenanya, pihak Polda Sumut akan mengawasi secara hukum.

“Bila ada ditemukan, pasti akan kita tindak,” tegas MP Nainggolan kepada awak media, Rabu (4/3/2020).

MP Nainggolan menjelaskan, para oknum yang sengaja menimbun akan dikenakan pasal perlindungan konsumen. Karenanya ia menegaskan, dalam hal ini Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumut akan menelusuri penjualan masker baik di distributor, apotek hingga lewat online.

“Kita ada tim untuk melakukan penulusuran. Jadi kita lidik siapa-siapa aja yang menjual,” jelasnya.

Oleh sebab itu, MP Nainggolan meminta masyarakat jika ada menemukan kegiatan yang mencurigakan atas penjualan masker seupaya segera melaporkannya kepada pihak kepolisian.

“Mohon kerjasamanya dalam melakukan pengawasan. Namun demikian, pihak kepolisian juga akan mengedepankan langkah preventif sebelum akhirnya memproses secara hukum,” tutur dia.