Connect with us

Politik

Atasi Corona, Jokowi Harus Begini Menurut Demokrat

Published

on

Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi.

Geosiar.com, Jakarta – Mewabahnya virus corona di tanah air mengharuskan pemerintah berputar otak dalam menentukan langkah strategis untuk mencegah penyebaran yang berpotensi meluas.

Menurut politisi Partai Demokrat, langkah awal yang harus dilakukan pemerintah ialah dengan menerbitkan peraturan presiden (perpres) terkait penanganan virus asal Wuhan ini.

“Saya rasa sudah saatnya pemerintah keluarkan perpres terkait penanganannya, di mana negara lain sudah lakukan itu,” ujar politisi Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi dalam pesan singkat, Selasa (3/3/2020).

Menurut anggota Komisi X DPR RI itu, penerbitan perpres akan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Selain itu, perpres juga akan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia serius dalam menghadapi pandemi ini.

“Selain untuk memberikan rasa aman kepada rakyat, (perpres) juga memberikan ketegasan kepada dunia bahwa Indonesia serius menangani kasus ini,” pungkasnya.

Sejauh ini, pemerintah memang hanya melontarkan imbauan agar masyarakat tidak panik dan tetap waspada dengan virus corona yang sudah menginfeksi dua warga Depok. Mengingat, jumlah kasus pasien corona sudah mulai menurun di sejumlah wilayah yang menjadi episentrum virus ini.