Connect with us

Politik

Gencar ke Daerah, AHY-Ibas Galang Dukungan?

Published

on

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat mengunjungi DPC Partai Demokrat Kabupaten Malinau, Minggu (16/2/2020). (Foto : ANTARA/Susylo Asmalyah)

Geosiar.com, Jakarta – ‘Dwitunggal’ Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) tengah disibukkan dengan aktivitas di berbagai daerah. Kegiatan ini justru menyiratkan bahwa keduanya sedang mengumpulkan pendukung dari daerah untuk berebut kursi kepemimpinan Partai Demokrat.

Namun, Wakil Ketua Umum Demokrat Syariefuddin Hasan membantah isu tersebut. Ia mengatakan, keduanya ke daerah dalam rangka konsolidasi, bukan menggalang dukungan.

“Hanya konsolidasi, perjalanan biasalah ke daerah-daerah,” tutur Syarief di Kompleks Parlemen, Senin (2/3/2020).

Sebelumnya, salah satu politisi Demokrat, Herzaky Mahendra membenarkan adanya penggalangan dukungan yang dilakukan Ibas. Tapi, ia mengklaim bahwa dukungan yang dikumpulkan itu bukan untuk Ibas, melainkan untuk mendukung pencalonan AHY.

“Seluruh pimpinan partai, ketua-ketua DPD dan DPC serta EBY (Ibas) sendiri memiliki konsensus untuk mendukung dan mengusung AHY sebagai calon ketua Umum 2020 secara aklamasi,” ujar Herzaky beberapa waktu lalu, seperti dikutip dari merdeka.com.

AHY sendiri diisukan bakal didaulat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat secara aklamasi dalam kongres mendatang. Akan tetapi, terdengar kabar bahwa sejumah kader menolak aklamasi tersebut. Situasi yang membingungkan ini mengisaratkan bahwa internal partai berlambang mercy itu tengah memanas.