Kemendagri Gelar Rakor Persiapan Pilkada Serentak, Ingatkan Netralitas ASN

by

Geosiar.com, Badung – Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi bidang politik dan pemerintahan umum dan deteksi dini guna mendukung sukses Pilkada Serentak 2020.

Tito menekankan agar Pilkada 2020 dapat berjalan dengan lancar di semua daerah, baik keamanan hingga netralitas para ASN.

“Rapat kali ini mengenai masalah politik dan pemerintahan umum dan tema yang diambil berkaitan dengan hal yang sangat mendasar sangat penting dan mendasar di tahun ini yaitu pilkada serentak di 270 daerah baik provinsi, kabupaten, dan kota,” tutur Tito Karnavian dalam pidatonya di Bali Nusa Dua Resort (BNDC) Badung, Bali, Kamis (27/2/2020).

Tito mengatakan peran TNI-Polri di pilkada serentak sangat penting dalam hal keamanan pilkada. TNI-Polri dinilai mampu mengeksekusi gangguan keamanan.

“Mengamankan potensi-potensi kerawanan gangguan dan kemudian mampu melakukan eksekusi dan mampu segera menyelesaikan gangguan keamanan untuk unsur terpenting dari TNI-Polri dan unsur linmas ditambah dengan unsur unsur dari kesbangpol,” tandas Tito.

Sementara pemerintah daerah diimbau agar mengakomodasi kebutuhan rencana pengamanan proposal oleh TNI-Polri.

“Kita harapkan juga dari pemerintah daerah bisa mengakomodir kebutuhan rencana pengamanan proposal yang diajukan oleh TNI dan Polri memang kalau linmas sudah ada standarnya,” tutup Tito.