Connect with us

Nasional

Arab Saudi Stop Umrah Sementara, Ini Kata Jokowi

Published

on

Presiden RI Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat suara terkait kebijakan terbaru Pemerintah Arab Saudi yang menghentikan sementara kegiatan umrah dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia.

Presiden Jokowi mengaku menghargai keputusan itu. Menurutnya, itu merupakan langkah antisipasi menyebarnya virus Corona. Pengajuan visa ke Arab Saudi mulai hari ini juga telah dihentikan.

“Ini kan tidak hanya untuk indonesia tapi untuk semua negara karena mereka ingin memproteksi, melindungi warga negaranya dari virus corona. Kita sangat menghargai itu,” ungkap Jokowi setelah acara Indonesia Digital Economy Summit 2020 di Ritz-Carlton Pasifik Place, Jakarta, hari ini, Kamis (27/2/2020).

Jokowi menuturkan bahwa dirinya memperoleh informasi ihwal pelarangan umrah sementara ke Saudi kemarin, Rabu (26/2/2020).

“Kami menghargai, menghormati, karena apapun yang namanya kesehatan itu dinomorsatukan oleh pemerintah Arab Saudi. Kita sangat menghargai.”

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama juga sudah mengerahkan jajarannya agar menuju bandara guna mengantisipasi apabila banyak jemaah umrah yang ditahan di sana.

“Kami juga meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk proaktif mengelola informasi kepada para jemaahnya,” ungkap Staf Khusus Menteri Agama Ubaidilah Amin melalui keterangan tertulis.