Connect with us

Olahraga

Gegara Corona, Olimpiade Tokyo 2020 Terancam Batal

Published

on

Logo Olimpiade Tokyo 2020.

Geosiar.com, Olahraga – Virus corona yang semakin mewabah di Jepang mengancam batalnya penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 yang direncanakan berlangsung Juli-Agustus mendatang.

Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), Dick Pound mengatakan, estimasi keputusan penyelenggaraan Olimpiade Tokyo akan dikeluarkan pada akhir Mei.

“Dalam kurun waktu sekarang ini, orang-orang akan bertanya, ‘Apakah ini berada dalam pengendalian yang cukup sehingga kita bisa percaya diri menuju Tokyo?’ Bisa saja ada pembatalan,” kata Pound dalam wawancara eksklusif dengan Associated Press, dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (26/2/2020).

Dikarenakan ajang ini merupakan perhelatan olahraga akbar, Pound menduga olimpiade tak mungkin dipindah ke tempat lain meski ada tawaran dari negara lain.

“Banyak yang akan dipindah, ada banyak negara dan berbagai acara. Anda tidak dapat dengan mudah mengatakan,’Kami akan menyelenggarakannya pada Oktober’,” jelas Pound.

Mantan atlet renang itu juga meragukan opsi penundaan jadwal penyelenggaraan Olimpiade. Selain itu, ia juga tak membayangkan bila Olimpiade akan digelar di beberapa lokasi berbeda.

“Hal itu akan menghilangkan ciri khas pesta olahraga dunia ini. Selain juga akan ada kendala dalam penyelenggaraan secara terpisah dengan pemberitahuan hanya beberapa bulan,” katanya.

Sehingga, penyelenggaraan Olimpiade Tokyo 2020 masih belum pasti karena masih menunggu tingkat penyebaran virus dan keputusan IOC. Kendati demikian, Pound menyarankan agar para atlet terus fokus mempersiapkan diri.