Connect with us

Olahraga

Shin Tae-yong: Timnas Indonesia Jalani Latihan Fisik Berat

Published

on

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Geosiar.com, Olahraga – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong melaporkan bahwa seluruh skuad Garuda menjalani latihan yang berat setiap hari sejak sejak 15 Februari 2020. Ia menyebutkan faktor kelelahan menjadi alasan kekalahan Irfan Bachdim dkk atas Persita Tangerang 4-1 dalam laga uji coba di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (21/2/2020).

“Setiap pagi ada weight training dan setiap sore kami latihan fisik 40 menit setiap latihan,” kata Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jakarta, Jumat, 21 Febrauri 2020.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Saddil Ramdani dkk dengan label pemain timnas seharusnya dapat melewati semua program latihan.

“Mereka harusnya bisa melawan diri sendiri supaya bisa mengenjot stamina,” ungkap mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

“Karena kondisi badan tidak fit maka pertandingan tidak baik juga, makanya ke depan harus ada latihan strategi karena selama ini latihan fisik,” tambah Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong menambahkan, para pemain timnas baru bergabung selama seminggu jadi kekompakannya belum tampak. Hal tersebut berbeda dengan klub Pendekar Cisadane yang telah berlatih selama beberapa bulan.

“Jadi hasilnya begini,” ujarnya.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan yang ikut menyaksikan laga persahatan itu mengatakan bahwa hasil akhir bukan menjadi tujuan utama dari pelatih Shin Tae-yong.

“Secara penampilan kita memang tidak menuju hasil akhir tetapi kita melihat bagaimana peningkatan fisik,” ungkap pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

Ia mengatakan sempat berdiskusi dengan Shin Tae-yong pada jeda babak pertama ketika skuad Garuda juga tertinggal dengan skor 2-1. Menurut dia, juru taktik asal Korea Selatan itu ingin melihat bagaimana cara Irfan Bachdim dan kawan-kawan dalam menjalan instruksi yang diberikan selama latihan.

Mantan Kapolda Metro Jaya itu menambahkan, hasil uji coba timnas ini menjadi bahan analisis staf kepelatihan untuk menentukan pemain yang bakal diturunkan dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022.