Connect with us

Politik

PDIP Umumkan 48 Paslon Pilkada 2020 Besok

Published

on

Ilustrasi Bendera PDI Perjuangan.

Geosiar.com, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan mengumumkan pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada Serentak 2020, pada Rabu (19/2/2020) pukul 14.00 WIB.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan ada 48 paslon terpilih dari hasil rapat DPP yang dipimpin Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pengumuman paslon akan dilakukan secara bertahap.

“Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri telah menetapkan 48 pasangan calon untuk 1 pasangan calon provinsi dan 47 pasangan calon kabupaten/kota yang sebagian di antaranya akan diumumkan secara terbuka ke seluruh rakyat Indonesia,” demikian pernyataan Hasto dalam keterangan tertulis, Selasa (18/2/2020).

Untuk gelombang I, lanjut Hasto, sebagian besar paslon berstatus petahana atau incumbent. “Pada gelombang I ini, sebagian besar pasangan calon yang diusung oleh PDI Perjuangan merupakan kepala daerah incumbent dan berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh DPP Partai mampu membawa kemajuan, pertumbuhan yang berkeadilan, serta kemampuan di dalam membumikan ideologi Pancasila dalam seluruh aspek kehidupan,” jelas Hasto.

Menurut Hasto, Pilkada merupakan momentum konsolidasi untuk memperkuat kelembagaan partai dalam menyiapkan pemimpin. Oleh karena itu, para calon kepala daerah diwajibkan ikut sekolah politik yang diadakan partai. “Atas dasar hal tersebut maka setiap calon wajib menjalankan Dasa Prasetya Partai,” lanjutnya.

Dengan bekal sekolah politik itu, Hasto meminta kepada calon kepala daerah agar bisa meningkatkan taraf kehidupan dan mencerdaskan masyarakat bila terpilih di Pilkada 2020.

“Partai terus menggembleng kader-kader Partai untuk menjadi pemimpin ideologis, memiliki watak nasionalis-kebangsaan, berjiwa kerakyatan guna menghadirkan kesejahteraan rakyat yang berkeadilan sosial,” pungkasnya.