Connect with us

Nasional

Buku Ahok ‘Panggil Saya BTP’ Rilis Hari Ini

Published

on

Sampul buku “Panggil Saya BTP”. (Foto : Instagram/basukibtp)

Geosiar.com, Jakarta – Buku berjudul “Panggil Saya BTP” yang ditulis oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dijadwalkan rilis hari ini, Senin (17/2/2020). Buku itu ditulis Ahok selama mendekam di balik jeruji besi Mako Brimob sejak Mei 2017-Januari 2019.

Dalam bukunya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menceritakan perjalanan hidup selama di penjara tentang apa yang dirasakan atau yang dilakukan dari hari ke hari. Disebutnya, buku ini seperti diari berisi renungan dan pergulatan psikologi serta batin selama ditahan.

Selain itu, buku ini juga akan mengungkap secara blak-blakan mengenai runtuhnya perkawinan Komisaris Utama PT Pertamina ini dengan mantan istrinya, Veronica Tan. Sebagaimana diketahui, Ahok resmi bercerai dengan Veronica pada 4 April 2018 setelah melayangkan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 5 Januari 2017.

Untuk desain buku sendiri, Ahok memilih dominan warna hitam-cokelat keemasan. Pada sampul buku, terlihat foto Ahok berbusana adat Jawa lengkap mengenakan beskap hitam dengan blangkon cokelat. Pemilihan desain serta tema buku tersebut rupanya memiliki historinya sendiri.

“Saya pernah diberi buku Pitutur Budaya Jawa oleh teman. Dalam buku itu, orang Jawa itu mau merendahkan diri sampai paling rendah. Seperti air. Kenapa saya tidak memilih berkarakter seperti orang Jawa?” ujar Ahok seperti dikutip dari Tempo, Senin (17/2/2020).

Soal foto sampul di bukunya yang memakai busana adat Jawa, Ahok mengaku saat itu sedang melakukan persiapan untuk pernikahannya dengan istrinya, Puput Nastiti Devi. “Sekalian aja saya minta fotografer memotret saya sendirian untuk sampul buku.” katanya.

Peluncuran buku ini akan tayang secara langsung di seluruh akun media sosial Tempo hari ini mulai pukul 14.00 sampai 16.00 WIB. Ahok akan hadir sebagai narasumber utama, didampingi Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia, Hamdi Muluk, dan pemerhati politik yang juga cucu Mohammad Hatta, Gustika Fardani Jusuf, sebagai pembicara. Acara ini akan dimoderatori oleh wartawan Tempo, Wayan Agus Purnomo.