Connect with us

Nasional

Usai Dikarantina, WNI di Natuna Dibekali Sertifikat Kesehatan

Published

on

WNI dari Wuhan selesai menjalani observasi di Natuna. Mereka lalu diterbangkan ke Halim Perdanakusuma

Geosiar.com, Jakarta – Sebanyak 285 orang WNI yang dievakuasi dari Cina dan sudah lolos observasi di Natuna, tiba di Jakarta. Mereka terbang dengan tiga pesawat milik TNI AU. Masing-masing dua pesawat jenis Boeing dan satu jenis Hercules yang diberangkatkan dari Lanud Raden Sadjad Ranai Natuna, Kepulauan Riau menuju Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Para pria diangkut dengan Hercules, sedangkan perempuan dan anak-anak menggunakan pesawat Boeing.

Ketiga pesawat berangkat dari Natuna sekitar pukul 13.15 WIB dan pesawat terakhir pada pukul 14.00 WIB kemudian mendarat di Jakarta pada sekitar pukul 15.46 WIB. Tiba di Lanud Halim, mereka akan dijemput oleh perwakilan pemerintah provinsi masing-masing untuk kemudian didampingi sampai ke kampung halaman.

“Semua sehat dan dilengkapi sertifikat kesehatan dari hasil pemeriksaan pemantauan selama observasi,” tutur Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta pada Sabtu (15/2/2020).

Selain sertifikasi, mereka juga diberikan bingkisan, uang saku dan biaya akomodasi serta transportasi.
Seluruh akomodasi ditanggung pemerintah sampai mereka tiba di rumah masing-masing.

Menutup seluruh rangkaian pemulangan para WNI, Menkes Terawan berharap semoga kelak mereka dapat menjadi duta-duta kesehatan di wilayahnya masing-masing.

“Semoga mereka bisa menjadi duta-duta kesehatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar,” ungkapnya.