Connect with us

Sumut

Ratusan Rumah di Medan Selayang Terendam Banjir

Published

on

Rumah warga di Gang Mandor Kelurahan Beringin, Medan Selayang terendam banjir, Sabtu (15/2/2020). (Foto : TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK)

Geosiar.com, Medan – Hujan deras yang terjadi sepanjang Jumat malam hingga Sabtu (15/2/2020) pagi mengakibatkan Sungai Babura meluap dan menggenangi ratusan rumah warga. Salah satu titik lokasi banjir berada di Gang Mandor Kelurahan Beringin, Medan Selayang.

Menurut pengakuan warga bernama Kartika Sihombing (23), banjir mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 06.00 WIB. Dikatakannya, ketinggian air mencapai mencapai atap rumah.

“Airnya jam 6 pagi sudah meluap Sungai Baburanya. Kalau tadi jam 5 pagi belum ada banjir, tiba-tiba langsung naik airnya. Kalau tadi malam belum ada banjir,” ujar Kartika dikutip dari Tribun, Sabtu (15/2/2020).

Kartika menyebutkan bahwa sekitar seratusan rumah yang sudah terendam hingga mengharuskan penghuninya mengungsi. “Disini ada 150an KK dan ini terus meluap naik. Karena hujan juga jadi nambah terus airnya sampai ke atas,” jelasnya.

Ia pun berharap Pemko Medan dan pihak terkait segara menindaklanjuti musibah banjir di sana. Ia menduga, banjir terjadi akibat adanya tanggul yang rusak.

“Kami berharap pemerintah memperhatikan kami dan membuat tanggul agar tidak terulang lagi. Karena ini sepertinya ada tanggul yang pecah, jadi airmya bercampur,” tandasnya.

Petugas BPBD Kota Medan yang ditemui di lokasi menyebutkan sungai Babura mulai meluap sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi. Ketinggian air mencapai 80-100 cm. Di saat air sudah mulai meluap, warga sebelumnya sudah mengevakuasi ketempat yang lebih tinggi.

“Warga sudah secara mandiri mengevakuasi diri ketempat yang lebih tinggi,” ujar petugas BPBD, Ari.

Sejauh ini, belum ada terlihat posko-posko pengungsian. Bahkan, kantor Kelurahan Beringin yang berada persis di depan lokasi banjir juga masih tertutup rapat. “Kita juga masih terus melakukan koordinasi dengan pihak kelurahan dan Kepling untuk kemungkinan pendirian posko,” pungkasnya.

Sumut

Bupati Asahan Hadiri Pengajian Akbar Kecamatan Pulau Rakyat

Published

on

Bupati Asahan Hadiri Pengajian Akbar Kecamatan Pulau Rakyat

Geosiar.com, Asahan – Bupati Asahan bersama dengan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan menghadiri Pengajian Akbar Kecamatan Pulau Rakyat yang, di Lapangan Bola Kaki Afdeling V Desa Persatuan Kecamatan Pulau Rakyat, Rabu (26/02/2020).

Pada kegiatan pengajian akbar ini, turut hadir Asisten Pemerintahan dan Pembangunan, OPD, Camat Kecamatan Pulau Rakyat, Unsur Forkopimcam Kecamatan Pulau Rakyat, Kepala Desa se-Kecamatan Pulau Rakyat, Ketua TP PKK Kecamatan dan tamu undangan lainnya.

Camat Kecamatan Pulau Rakyat Aspihan, SH selaku tuan rumah pada sambutannya menyampaikan bahwa Pengajian Akbar Pulau Rakyat ini berasal dari 12 desa yang ada di Kecamatan Pulau Rakyat.

Pada kesempatan ini, beliau juga menyampaikan bahwa Pengajian Akbar Pulau Rakyat ini digelar secara bergulir dari desa ke desa di Kecamatan Pulau Rakyat setiap bulannya.

Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan bersama dengan Ketua TP PKK Kabupaten Asahan memberikan kacamata gratis dan beras kepada kaum dhuafa serta  anak yatim.

Bupati Asahan H. Surya, BSc pada bimbingan dan arahannya berharap agar kegiatan seperti ini dapat berlanjut secara rutin setiap bulannya, sehingga visi dan misi Pemerintah Kabupaten Asahan, mewujudkan Asahan yang religius dapat tercapai.

Selain itu beliau juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Asahan khususnya Masyarakat Kecamatan Pulau Rakyat untuk datang ke TPS nya masing-masing pada tanggal 23 September 2020 untuk memberikan hak suaranya pada Pilkada nantinya. Karena satu suara menentukan arah pembangunan 5 tahun kedepan.

Mengakhiri bimbingan dan arahannya beliau juga berharap kepada masyarakat Kabupaten Asahan dapat menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas pada Pilkada Tahun 2020 nantinya.

Dikesempatan ini para jamaah Pengajian Akbar Kecamatan Pulau Rakyat diberikan tausiyah agama oleh Al-ustadz Awaluddin Damanik yang mengajak para jamaah pengajian untuk dapat mempertebal iman dan ketaqwaannya kepada Allah SWT. (firma pane)

Continue Reading

Sumut

Jadi Alumni, Bupati Asahan Kunjungi SMP Negeri 1 Pulau Rakyat

Published

on

Bupati Asahan kunjungi SMP Negeri 1 Pulau Rakyat

Geosiar.com, Kisaran – Dikunjungi langsung oleh Bupati Asahan, Kepala Sekolah SMP Negeri I Pulau Rakyat, Juraida, menyatakan rasa haru dan bangga.

Hal tersebut disampaikannya setelah Bupati Asahan, H. Surya BSc berkunjung dan bersilahturahmi ke sekolah tersebut pada Rabu (26/2/2020).

Surya yang merupakan alumni SMP Negeri 1 Pulau Rakyat tersebut berkunjung didampingi oleh Asisten dan para OPD di lingkungan Pemkab Asahan.

“Rasanya sangat haru gembira dan campur bangga karena sekolah kami dikunjungi Bupati Asahan H Surya. Apalagi Pak Bupati itu merupakan salah seorang alumni dari SMPN I Pulau Rakyat ini. Kami bangga sekali,” ungkap Juaraida penuh semangat.

Lebih lanjut, ia berharap agar kedepannya Pemerintah Kabupaten Asahan terus mendukung SMPN I Pulau Rakyat untuk kembali meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Sedangkan Camat Pulau Rakyat Aspihan Daulay, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Bupati Asahan di Kecamatan Pulau Rakyat.

“Semoga dengan kunjungan Bupati Asahan H.Surya dapat menjadi suatu motivasi bagi para guru SMP maupun guru SD yang ada di Kecamatan Pulau Rakyat untuk meningkatkan semangat mengajar sehingga kualitas pendidikan semakin baik,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asahan H Surya, BSc mengatakan bahwa seorang kepala sekolah itu, dituntut untuk memiliki semangat dan motivasi diri yang kuat. Sehingga saat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya diemban penuh amanah dan memiliki dedikasi serta jiwa seorang pemimpin yang baik.

“Jika hal itu dapat dilakukan sudah tentu dapat mendorong kepala sekolah untuk tampil sebagai pemimpin yang luar biasa,” tutupnya. (firma pane)

Continue Reading

Sumut

Bupati Sergai Tutup MTQ XVI Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Published

on

Penutupan MTQ XVI tingkat Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2020

Geosiar.com, Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman resmi menutup kegiatan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020, di Halaman Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebuh Kecamatan Pegajahan, Sergai, Selasa malam (25/2/2020).

Selain Bupati Sergai Ir H Soekirman, turut hadir juga Ketua DPRD, Dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE diwakili M. Ilham Ritonga, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Anggota DPRD, para Asisten, Staf Ahli Bupati,.

Selain itu hadir juga Kepala OPD, Camat, Ketua MUI H. Hazful Huznain, Ketua IPHI Drs. H. Irfan Elfuadi Lubis, Dewan Hakim, trokoh agama, alim ulama, tokoh masyarakat, official, para kafilah, Kepala Desa, serta para undangan lainnya.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengucapkan terima kasih kepada panitia yang melaksanakan tugas dengan baik, juga petugas kebersihan yang tetap menjaga suasana nyaman dan indah.

“Selamat juga kepada Kecamatan yang berhasil menjadi juara umum dan menjadi perwakilan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ke tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu),” katanya

“Pada bulan April tahun ini, Insha Allah Kafilah Sergai akan memberikan yang terbaik dan membawa nama harum ini pada perhelatan MTQ ke-XXXVIII Tingkat Provsu,” tambahnya.

“Man Jadda Wad Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh maka akan mendapatkan keberhasilan. Mari kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pesan Ustadz Abdul Somad yang beberapa hari lalu hadir di Sergai bahwa generasi Qur’ani dapat menghindarkan kita dari hal-hal yang tidak baik dan dapat merusak akhlak,” sebut Bupati mengakhiri.

Sementara Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE diwakili M. Ilham Ritonga menyampaikan, atas nama lembaga DPRD memberikan apresiasi dan kebanggaan atas terselenggaranya gelaran kegiatan MTQ ke-XVI Tingkat Kabupaten Sergai tahun ini dapat terlaksana dengan meriah dan sukses.

Dikatakan Ritonga, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini khusus kepada Dewan Hakim yang telah bekerja keras dalam memberikan penilaian kepada para Kafilah.Dengan kegiatan ini dapat menambah rasa cinta dan penghayatan Al Qur’an bagi generasi muda guna menjadi generasi muslim yang Qur’ani dan berakhlak mulia.

“Sedangkan kepada para juara agar jangan cepat berbangga diri, namun terus asah kemampuan guna menuju gelaran yang lebih tinggi lagi yaitu MTQ Tingkat Provsu yang akan digelar di Kota Tebing Tinggi nanti. kepada yang belum menang agar jangan berkecil hati, namun terus berlatih lagi karena para juara pasti pernah mengalami gagal, namun karena kerja keras kemudian berhasil meraih juara,” ucap Ritonga.

Sebelumnya, panitia Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena sudah selesai menggelar kegiatan MTQ ke-XVI Tingkat Kabupaten Sergai tahun ini ditempat bersejarah yang pernah menggelar event MTQ Tingkat Provsu beberapa tahun yang lalu.

Para juara dari berbagai kelas yang dipertandingkan nantinya akan dilaksanakan training center terlebih dahulu untuk kemudian yang terbaik akan mewakili Kabupaten Sergai pada gelaran MTQ Tingkat Provsu Tahun 2020 di Kota Tebing Tinggi.

“Terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini, semoga tujuan menciptakan generasi Muslim yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan kiranya dapat segera terwujud,” kata Sekdakab Sergi.

Adapun kecamatan yang meraih juara adalah Kecamatan Perbaungan meraih gelar juara umum disusul Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Sei Rampah, Kecamatan Bintang Bayu, Kecamatan Pegajahan dan Kecamatan Dolok Masihul. (art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com