Connect with us

Sumut

Kawasan Kesawan Bakal Disulap Jadi Malioboronya Medan

Published

on

Penampakan jalan raya di kawasan Kesawan, Medan.

Geosiar.com, Medan – Pemerintah Kota (Pemko) Medan berencana untuk menata kawasan Kesawan, Kecamatan Medan Barat menjadi Malioboro-nya Medan. Didukung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut), kini Pemko Medan tengah mematangkan rencana tersebut.

“Masih kita matangkan rencananya,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Irwan Ritonga saat ditanya kapan rencana tersebut dieksekusi, Jumat (14/2/2020).

Sejauh ini, kata Irwan, rencana itu masih merampungkan tahap awal yakni pedestarian atau trotoar mulai dari Jalan Pemuda Simpang Letjen Suprapto hingga Jalan Kesawan.

“Kalau pedestariannya sudah bagus, nanti UMKM bisa berjualan di sana malam hari, sembari membenahi heritage,” jelasnya.

Selain menata, jalan di kawasan Kesawan akan ditutup sehingga kendaraan tidak bisa melintas. “Nanti juga Jalan Kesawan akan kita tutup, kendaraan tidak bisa melintas, untuk pejalan kaki saja,” pungkasnya.

Seperti diketahui, penataan kota ini dilakukan sebagai lanjutan dari pembenahan infrastruktur untuk memperindah kota yang masuk dalam program #Yokbuatmedancantik. Program itu sebelumnya disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution.

“Kota Medan juga nantinya memiliki wisata malam layaknya Kota Yogyakarta tepatnya di Jalan Malioboro. Masyarakat juga akan dapat mencicipi kuliner sambil menikmati suasana Kota Medan dimalam hari,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution saat rapat bersama Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di Medan Kamis (13/2/2020).