Connect with us

Sumut

Geger Penemuan Bom Mortir di Pantai Cermin

Published

on

Tim Jibom Brimob Polda Sumut melakukan tindak disposal diduga bom mortir peninggalan Perang Dunia II, Kamis (13/2/2020). (Foto : art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Masyarakat Pantai Cermin digegerkan dengan penemuan diduga bom mortir di depan kawasan wisata Pondok Permai, sekitar 1 Mil dari bibir pantai, Rabu (13/02/2020) sekitar pukul 14.30 WIB.

Benda yang diduga bom tersebut ditemukan oleh Johan (42) warga Dusun I, Desa Pantai Cermin Kanan, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Menurut informasi, sekitar pukul 14.30 WIB, Johan tengah menjaring kepiting di depan objek wisata tersebut. Melihat ada yang aneh, Johan lalu mendekati untuk memastikannya dan terkejut saat melihat sebuah benda diduga bom mortir. Atas temuan itu, Johan langsung  memberitahukan kepada masyarakat hingga  membuat geger tempat wisata itu. Kemudian dia melaporkan temuannya itu ke Polsek Pantai Cermin. 

Menindaklanjuti laporan tersebut, personel Polsek Pantai Cermin langsung turun ke TKP untuk mengamankan benda yang diduga bom jenis mortir aktif sepanjang 30 cm dengan diameter 10 cm itu ke Mapolsek.

Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang, Kamis (13/02/2020) mengakatan, terkait temuan tersebut sudah dilaporkan ke Tim Jibom Brimob Polda Sumut dan akan dilakukan tindakan disposal atau peledakan terhadap benda diduga bom mortir tersebut.

“Tindakan disposal dilakukan di Pantai Them Park Pada Kamis (13/02/2020) sekira Pukul 11.00 WIB, dengan menanam mortir ke dalam lubang sedalam 30 cm lalu diledakan dengan jarak 50 m melalui alat pemicu oleh Tim Jibom Brimob Polda Sumut,” jelasnya.

Benda tersebut diduga merupakan peninggalan Perang Dunia ke II buatan Inggris dengan ukuran panjang 30 cm dan berdiameter 10 cm dengan daya ledakan lebih kurang 30 m. (art)