Connect with us

Dunia

6 Petugas Medis Tewas Akibat Virus Corona, 1.716 Terinfeksi

Published

on

Petugas medis menggunakan pakaian pelindung saat mengunjungi pasien virus corona baru di unit perawatan intensif (ICU) rumah sakit di Wuhan, provinsi Hubei, Cina 6 Februari 2020. Jumlah orang yang meninggal dunia akibat virus korona baru melonjak menjadi 908. (Reuters)

Geosiar.com, Beijing – Wabah virus corona kini kian mewabah. Hingga enam petugas medis di China telah meninggal lantaran virus memastikan ini.

Bahkan lebih dari 1.700 petugas medis juga terinfeksi virus corona, yang menunjukkan risiko yang dihadapi para dokter dan perawat dikarenakan kurangnya alat pelindung untuk menangani pasien corona.

Dikutip dari kantor berita AFP, Jumat (14/2/2020), Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional, Zeng Yixin mengatakan, sebanyak 1.716 pekerja medis telah terinfeksi virus corona hingga Selasa (11/2/2020) lalu. Dari jumlah itu, enam petugas medis sudah meninggal akibat virus yang belum ada vaksin dan obatnya ini.

Zeng mengatakan, sebagian besar dari pekerja medis itu, yakni sebanyak 1.102 orang sudah dinyatakan positif virus corona atau COVID-19 di Wuhan, kota di China yang menjadi pusat wabah virus corona. Sebanyak 400 petugas medis lainnya terinfeksi virus itu di daerah-daerah lain di provinsi Hubei.

Otoritas China kini terus berupaya mengirimkan alat-alat pelindung ke berbagai rumah sakit di Wuhan, di mana para dokter dan perawat kewalahan menghadapi jumlah pasien virus corona yang terus bertambah dari hari ke hari.

Banyak pula dokter di Wuhan terpaksa mendatangi pasien dengan mengenakan pakaian pelindung atau masker yang tidak seperti biasanya. Hal tersebut lantaran kurangnya ketersediaan, mereka terpaksa menggunakan alat pelindung yang sama berulang-ulang, padahal mestinya diganti secara berkala.

Komisi Kesehatan Nasional China, NHC melaporkan bahwa saat ini 1.380 orang meninggal akibat virus corona di wilayah China daratan. Jumlah tersebut termasuk 121 kematian baru pada Kamis (13/2/2020), yang terdiri dari 116 orang meninggal di Provinsi Hubei dan lima orang lainnya meninggal di beberapa provinsi lainnya di China.

NHC melaporkan, total jumlah kasus virus corona yang terkonfirmasi di wilayah China daratan hingga Jumat (14/2/2020) waktu setempat mencapai 63.851 kasus.