Connect with us

Sumut

Kemendagri: Dzulmi Eldin Masih Wali Kota Medan

Published

on

Wali Kota Medan Nonaktif, Tengku Dzulmi Eldin. (Foto : Tribun Medan / M Andimaz Kahfi)

Geosiar.com, Medan – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan bahwa Tengku Dzulmi Eldin masih berstatus sebagai Wali Kota Medan nonaktif, meski dalam waktu dekat akan menjadi terdakwa atas kasus dugaan suap terkait proyek dan promosi jabatan di Pemko Medan yang menjeratnya.

“Belum (diberhentikan) masih nonaktif kalau terdakwa,” kata Kapuspen Kemendagri, Bakhtiar, Rabu (12/2/2020).

Berdasarkan UU 10/2016 tentang Pilkada dan UU 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, lanjut Bakhtiar, usulan pemberhentian Dzulmi Eldin dari jabatannya baru bisa dilakukan setelah adanya putusan dari pengadilan yang berkekuatan hukum tetap. 

“Setelah  putusan pengadilan itu keluar, kemudian akan dikirimkan ke DPRD untuk diproses pemberhentian Wali Kota Medan sekaligus pengusulan pelantikan wali kota defentif yang menjadi pengganti, itu melalui sidang paripurna,” pungkasnya. 

Seperti diketahui, Dzulmi Eldin akan menjalani sidang atas kasus suap yang menjeratnya dalam waktu dekat. Meskipun jadwal persidangan belum dipastikan, lokasi sidang Dzulmi akan digelar di Pengadilan Negeri (PN) Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kota Medan.

Advertisement