Connect with us

Olahraga

ASEAN Para Games 2020 Kembali Diundur Akibat Corona

Published

on

Atlet Disabilitas Panahan National Paralympic Committee (NPC) saat mengikuti pemusatan latihan Pelatnas di Solo untuk persiapan Asean Para Games 2020 di Filipina, Senin (9/12/2019). (Foto : pikiran-rakyat/MOHAMMAD AYUDHA)

Geosiar.com, Olahraga – Penyelenggaraan ASEAN Para Games 2020 Filipina kembali ditunda hingga waktu yang belum ditentukan. Penundaan multiajang olahraga atlet disabilitas itu diakibatkan virus corona yang semakin mewabah di luar China, tempat virus berasal.

Pengunduran jadwal kejuaraan ini disampaikan oleh panitia penyelenggara melalui surat resmi bernomor APSF/BoG Secretariat/2020/001 yang dikirimkan langsung kepada Presiden National Paralympic Committee (NPC) pada 10 Februari 2020.

“Demi kepentingan kesehatan, keselamatan, dan keamanan para peserta, kami menginformasikan keputusan komite yang merekomendasikan penundaan ASEAN Para Games 2020 di tengah risiko wabah virus corona.” demikian isi surat yang ditulis Presiden ASEAN Para Games Filipina, Osoth Bhavilai.

Namun, panitia tidak menyebutkan waktu pasti penjadwalan ulang dari multiajang olahraga itu. Tapi dipastikan tidak akan mendadak atau paling lambat 60 hari sebelum ajang itu digelar.

Sebelumnya, ASEAN Para Games dijadwalkan pada 18-24 Januari di tiga kota, Manila, Clark, dan Subic. Dalam prosesnya, tuan rumah keberatan dan memutuskan untuk mengubah jadwal pesta olahraga untuk atlet difabel itu menjadi 20-28 Maret, dengan alasan anggaran. Namun kali ini dengan alasan virus corona.