Connect with us

Politik

Gibran Hingga Purnomo Ikuti Uji Kelayakan Pilkada Solo

Published

on

Putra sulung Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka

Geosiar.com, Jakarta – Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka tampak tiba di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (10/2/2020). Ia bakal menjalani uji kelayakan dan kepatutan untuk maju di Pemilihan Wali Kota Solo atau Pilkada Solo.

Gibran tiba di Jalan Diponegoro, depan markas PDIP, sekira pukul 12.54 WIB. Ia enggan berbicara banyak kepada awak media.

“Nanti, ya,” kata Gibran, Senin, 10 Februari 2020.

Sebelumnya Gibran mendaftar menjadi bakal calon wali kota Surakarta lewat DPP PDIP. Langkah tersebut ia lakukan karena tidak mendapat restu dari DPC Solo. DPC PDIP Surakarta lebih merekomendasikan DPP PDIP untuk mengusung Achmad Purnomo-Teguh Prakosa.

Selain Gibran, Purnomo dan Teguh sudah tiba di DPP PDIP. Kini, proses uji kelayakan dan kepatutan berlangsung secara tertutup. Pihak PDIP tidak mengizinkan wartawan untuk masuk ke kantornya.

Dikutip dari tempo, Presiden Jokowi sudah menjumpai Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo di Yogyakarta pada 31 Januari lalu. Pertemuan tersebut diduga untuk memuluskan langkah Gibran maju di Pemilihan Wali Kota Solo.

Dalam berbagai kesempatan sebelumnya, Jokowi menolak apabila dirinya berusaha membangun dinasti politik. Ia mengatakan belum tentu rakyat memilih keduanya.

“Siapapun kalau enggak dikehendaki rakyat, ya, enggak akan jadi. Cari partai saja masih kesulitan,” katanya ketika berdialog dengan awak media di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (17/1/2020) lalu.