Connect with us

Nasional

Hadiri HPN 2020, Jokowi: Pers adalah Teman Saya Sehari-hari

Published

on

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sambutan di Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (Foto : Medcom.id/Theofilius Ifan Sucipto)

Geosiar.com, Banjar Baru – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa insan pers adalah teman sehari-harinya. Sehingga, dia menyempatkan diri untuk menghadiri perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2020 di Kalimantan Selatan (Kalsel) meski hendak melakukan kerja ke Canberra, Australia di hari yang sama.

“Setiap ada peringatan Hari Pers Nasional, saya berusaha keras untuk hadir. Seharusnya saya sudah terbang ke Canberra, tapi belom karena kesini dulu. Mengapa saya harus hadir? Karena insan pers adalah teman saya sehari-hari,” tutur Jokowi dalam sambutannya di Komplek Sekretariat Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Jika tidak menghadiri acara tersebut, Jokowi menyebut dirinya akan kapok. “Saya pernah nggak hadir sekali, setelah itu kapok betul karena mengatur waktu sangat sulit, begitu juga hari ini,” lanjutnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menjelaskan alasannya mengapa harus hadir dalam acara HPN. Menurutnya, para pegiat pers merupakan orang-orang yang setiap hari selalu menemani dirinya dalam melakukan segala aktivitas.

“Karena kemanapun saya pergi yang selalu ikut bersama saya adalah para wartawan. Menteri kadang nggak ikut, tapi wartawan pasti ikut,” imbuhnya.

Kehadiran pegiat pers disetiap waktu diakui Jokowi terkadang membuatnya gugup, namun tak sampai mengganggu. Ia justru mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh insan pers karena telah membantu memberikan informasi kepada masyarakat atas kinerja pemerintahan .

“Yang mengejar saya sehari-hari, yang menghadang saya doorstop, yang menyebabkan saya kadang-kadang gugup, gagap karena nggak siap ditanya sesuatu juga insan pers dan yang membuat berita kegiatan saya pemerintah sampe pada masyarakat juga insan pers,” imbuhnya.

Tak lupa, Presiden dua periode ini mengucapkan selamat hari pers kepada seluruh insan pers. “Selamat Hari Pers pada seluruh insan pers di manapun saudara-saudara berada,” pungkas Jokowi 

Sebagai informasi, Rangkaian peringatan HPN 2020 berlangsung sejak 7-9 Februari 2019 di Banjarmasin dan Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Adapun rangkaian peringatan HPN 2020 di antaranya seminar inovasi pelayanan publik, pameran karya pers, serta Konvensi Nasional Media Massa.