Connect with us

Ekonomi

Mendag bakal Buka Impor Bawang Putih dari China

Published

on

Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto

Geosiar.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan rencananya bakal membuka peluang impor bawang putih dari China hal itu seiring tingginya harga. Menteri Perdagangan (Mendag), Agus Suparmanto memastikan bawang putih dari China terbebas dari virus corona.

“Pemerintah mempertimbangkan membuka keran impor bawang putih. Dan bawang putih dari China tidak membawa virus corona. Berkaitan dengan impor dari China, saat ini masih berjalan seperti biasa. Untuk handphone, bawang putih dan buah-buahan, ini tidak dilarang,” ujar Agus Suparmanto di Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Dirinya menjelaskan wacana membuka impor bawang putih dari China demi menekan tingginya harga. Seperti diketahui pasokan bawang putih di dalam negeri kian menepis.

“Ini yang membuat harga bawang putih melonjak. Di Jakarta, harganya menembus Rp70.000 per kilogram,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Suhanto, mengatakan pihaknya bakal menerbitkan izin impor bawang putih. Izin tersebut sedang menunggu dari Kementerian Pertanian, karena izin impor tertuang dalam Rekomendasi Impor Produk Hortikultura dari Kementerian Pertanian (Kementan).

“Bawang putih segera akan dipasok, dari Kementan kan juga ada yang panen. Tapi hasil rapat kami dengan Kementan, segera Kementan akan mengeluarkan RIPH. Nanti kalau dia izin sudah keluar, kita bisa membuka keran impor,” tutupnya.