Connect with us

Dunia

AS Klaim Bunuh Pimpinan Al Qaeda di Yaman

Published

on

Pemimpin Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), Qasim al-Raymi. [Foto : Twitter]

Geosiar.com, Washington – Amerika Serikat (AS) mengklaim telah berhasil membunuh Pemimpin Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), Qasim al-Raymi, dalam rangkaian operasi militer di Yaman. Hal itu diungkap langsung oleh Presiden AS Donald Trump.

Dikutip dari BBC, Jumat (7/2/2020), kelompok militan yang dipimpin Qasim al-Raymi sejak 2015 itu sering dikaitkan dengan sejumlah serangan yang menargetkan kepentingan Barat di Yaman sejak tahun 2000-an. Qasim al-Raymi disebut mengambil alih kepemimpinan AQAP setelah pimpinan sebelumnya tewas dalam serangan drone AS.

“Kematiannya semakin melemahkan AQAP dan gerakan global Al Qaeda, dan itu membawa kita lebih dekat untuk menghilangkan ancaman yang diajukan kelompok-kelompok ini pada keamanan nasional kita. Amerika Serikat, kepentingan kita, dan sekutu kita lebih aman akibat kematiannya.” ujar Trump, dikutip dari BBC.

Kendati demikian, Trump tidak menjelaskan kapan tepatnya Qasim al-Raymi dibunuh. Sebelumnya, rumor kematian Al-Raymi dalam serangan pesawat tak berawak AS sudah beredar sejak akhir Januari 2020. Namun, pada 2 Februari 2020, AQAP merilis pesan audio dengan suara Qasim al-Raymi.

Hal itu tentu saja membuat bingung publik mengenai kebenaran rumor tersebut. Tapi kali ini, Gedung Putih dengan tegas menginformasi kematian Qasim al-Raymi, meski tanpa menyebut waktu kematiannya. Kabar tewasnya Qasim al-Raymi, menambah panjang daftar orang-orang penting kelompok militan yang telah dibunuh pemerintahan Trump.