Connect with us

Nasional

Siap-siap! ASN yang Pindah ke Ibu Kota Baru Akan Diuji Lagi

Published

on

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo.

Geosiar.com, Jakarta – Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan pindah ke ibu kota baru di Kalimantan Timur, akan diuji kompetensinya lagi. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo.

“Uji kompetensi, minimal dia (ASN yang akan ke ibu kota baru) punya skill dong,” tutur Tjahjo dikutip dari ANTARA, Kamis (6/2/2020).

Tjahjo menyebut tujuan dari ujian itu ialah untuk menyesuaikan kebutuhan yang cocok sesuai dengan tugas-tugas kementerian dan lembaga ketika mulai beraktivitas di ibu kota baru.

“Dicek (uji kompetensi) secara internal. (Untuk yang tidak lulus uji) itu nanti (posisi pekerjaannya). Yang jelas semua pindah ke sana karena tidak ada perwakilan kementerian dan lembaga di Jakarta,” jelas Tjahjo.

Selain itu, Kemenpan RB juga sedang mendata jumlah ASN yang akan pensiun sampai 2024. ASN yang akan memasuki masa pensiun direncanakan tidak akan ikut pindah ke ibu kota baru.

“Kami menata, meminta sekjen dan sesmen untuk mengecek yang mau pensiun berapa, jangan sampai nanti menjelang 2023—2024 pensiun tetapi tetap dikirim ke sana, ya, mau ngapain,” imbuhnya.

Sebagai informasi, total ASN kementerian/lembaga yang saat ini berada di Jakarta sebanyak 118.000 orang. Terdapat 1617 pegawai yang akan pensiun pada tahun 2023-2024, bertepatan pada tahun perpindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.