Connect with us

Sumut

4 Mahasiswa asal Sumut Turut Dikarantina di Natuna

Published

on

Kepala Dinkes Sumut Alwi Mujahit Hasibuan

Geosiar.com, Medan – Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Dinkes Sumut) menyatakan, ada empat warga Sumut yang tengah menjalani karantina di Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). Mereka adalah bagian 238 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, China usai mewabahnya virus korona.

Kepala Dinkes Sumut Alwi Mujahit Hasibuan menuturkan, keempat warga itu berstatus mahasiswa. Akan tetapi untuk asal dan identitasnya masih menunggu konfirmasi.

“Informasi terakhir yang saya terima ada empat warga Sumut di antara 238 WNI dari Wuhan. Untuk detailnya masih kami tunggu informasi. Namun kondisi mereka dipastikan sehat,” ungkap Alwi, Selasa (4/2/2020).

Para WNI dari Wuhan ini dilaporkan bakal menjalani prosedur observasi selama 14 hari di lokasi karantina. Hal tersebut untuk meyakinkan bahwa tidak ada di antara mereka yang terserang virus korona.

“14 hari itu waktu yang diyakini sebagai masa inkubasi virus korona. Jadi jika sehat dan tak ada kendala, segera akan dipulangkan,” ungkapnya.

Dinkes Sumut mengimbau masyarakat tak perlu cemas penyebaran virus korona, khususnya jika keempat warga ini nanti sudah kembali pulang ke kampung halaman. Sebab, Pemprov Sumut sudah melakukan langkah-langkah pencegahan diberbagai pintu masuk terhadap penyebaran virus mematikan tersebut.