Connect with us

Ekonomi

Menkeu Khawatir Wabah Corona Berdampak pada Perekonomian Indonesia

Published

on

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. [Foto : ANTARA/Wahyu Putro]

Geosiar.com, Jakarta – Para ekonom mengklaim perekonomian China akan menurun sebanyak 2% di kuartal I 2020 sebagai dampak dari mewabahnya virus corona. Penurunan ekonomi China juga dikatakan bakal berimbas kepada perekonomian dunia.

Pernyataan itu rupanya juga disetujui oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. Menurutnya, wabah virus corona yang telah menekan perekonomian negaranya Xi Jinping itu akan merembet ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Untuk itu, ia meminta jajaran pemerintah lebih fokus dalam memprioritaskan keamanan kesehatan agar virus corona tidak menyebar ke Indonesia.

“Dalam situasi ini prioritas kan kesehatan dulu. Nanti pasti ada pengaruh ke seluruh dunia soal kinerja dan perekonomian China. Rasanya kuartal I, saya rasa ekonomi China akan sulit,” tutur Sri Mulyani dikutip dari sindonews.com, Selasa (4/2/2020).

Lebih jauh, Sri Mulyani mencontohkan dampak yang akan dirasakan Indonesia kala perekonomian China semakin merosot. Mulai dari proses ekspor dan impor, hingga pada parawisata yang terkena dampak.

“Pengaruhnya ke Indonesia dan seluruh dunia mulai dari jalur pariwisata, harga komoditas. Ekspor secara umum akan terkoreksi,” jelas mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Seperti diketahui, larangan masuk bagi pelancong China ke Indonesia sudah diberlakukan oleh Kementerian Luar Negeri. Begitu pula dengan Kementerian Perhubungan yang memutuskan melakukan penundaan penerbangan dan dari dan ke China. Larangan inilah yang akan berdampak pada kinerja ekspor Indonesia ke China.