Connect with us

Nasional

Jokowi: Virus Corona Bencana Non Alam, Kita Harus Siapkan Skenario

Published

on

Presiden Joko Widodo. (Foto : dok. Biro Pers Setpres)

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa virus corona merupakan bencana non-alam. Karenanya, ia mengingatkan agar jajaran terkait harus sigap dalam menanggulangi virus ini apabila sudah memasuki Indonesia.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam arahan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di CCIC, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (4/2/2020).

“Saya juga perlu ingatkan bahwa yang namanya bencana bukan hanya alam saja, ada non-alam. Yang sekarang contohnya kita bisa lihat yang namanya virus corona, ini non-alam. Hati-hati dengan ini,” ujar Jokowi dikutip dari Kumparan.com.

Untuk menghadapi kemungkinan terburuk akibat dari corona, Jokowi pun meminta pemerintah tetap waspada dan menyiapkan segala skenario, termasuk hal-hal apa yang harus disiapkan dan bagaimana tahapan penyelesaiannya.

“Kita harus punya skenario kalau itu terjadi. Ya moga-moga enggak terjadi di negara kita. Kalau terjadi harus punya skenario apa. penyiapan apa, di mana, dikerjakan apa. Step-step itu harus kita miliki. Karena kalau tidak, kita akan tergagap-gagap,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Jokowi tak lupa mengapresiasi langkah cepat jajarannya saat mengevakuasi 238 WNI, termasuk 5 tim advance dari Provinsi Hubei, China. Menurutnya, evakuasi itu dilakukan dengan cepat dan tepat.

“Saya kemarin sudah saya sampaikan dalam posisi yang sangat cepat. Reaksi dari Menlu, Menkes, dan BNPB yang didukung penuh oleh Panglima TNI dan Kapolri dalam mengevakuasi WNI kita yang ada di Provinsi Hubei, khususnya Kota Wuhan. Untuk dibawa kembali dalam kecepatan yang sangat cepat,” ujar Jokowi. “Hal-hal seperti ini yang saya apresiasi, kecepatan-kecepatan seperti itu,” pungkasnya.