Connect with us

Politik

Kongres PAN Tak Undang Ketum Parpol Hingga Presiden

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Kongres V PAN dikabarkan tidak akan mengundang ketua umum (ketum) dan elite parpol hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Alasannya, lantaran acara kongres ini bersifat internal.

“Ini adalah internal kita, hanya akan dihadiri oleh kader-kader kita dan mungkin oleh tuan rumah kepala daerah setempat, Gubernur Sultra (Sulawesi Tenggara) karena mereka mungkin akan datang ke kongres,” tutur Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN Eddy Soeparno di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Ketua Steering Committee (SC) Kongres V PAN ini mengatakan, akan ada 590 orang kader PAN yang mempunyai hak suara untuk menentukan Ketum PAN periode 2020-2025.

“Ada 590 voters memiliki hak suara untuk memilih caketum dalam kongres nanti,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi VII DPR ini mengungkapkan, pemilik suara itu yakni Ketua dan Sekretaris DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dari 34 provinsi, Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PAN di 514 kabupaten/kota, DPP (Dewan Pimpinan Pusat) 3 suara yakni Ketum, Sekjen dan Bendahara Umum, dam 1 Ketua Majelis Pertimbangan Pusat (MPP) PAN.

“Serta sayap partai yakni Perempuan PAN (PUAN), BM PAN, dan perwakilan luar negeri,” tutupnya.