Connect with us

Nasional

Tunggu Arahan Kemenlu, Panglima TNI akan Evakuasi WNI dari Wuhan

Published

on

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto

Geosiar.com, Jakarta – Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengaku siap mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Cina. Walaupun demikian, mereka masih menunggu koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (kemenlu) untuk melakukan evakuasi ini.

“Tinggal kami koordinasi dengan Menlu kapan kami diberangkatkan,” ungkap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Hadi mengatakan, TNI selalu menyiagakan pesawat dan tenaga medis. Ia mengaku telah memerintahkan Kepala Pusat Kesehatan TNI untuk menyiapkan peralatan yang harus dibawa untuk misi evakuasi.

Tak hanya itu, Hadi juga membenarkan adanya wacana menyiapkan pesawat dari maskapai Lion Air untuk operasi ini. Hal tersebut, kata dia, merupakan hasil koordinasi dengan Menlu.

“Seandainya pun mencarter pesawat sipil itu juga, itu adalah sudah menjadi pertimbangan dari ibu Menlu,” tuturnya.

Wuhan, Cina diketahui sebagai pusat penyebaran virus Corona alias Novel Coronavirus. Sejauh ini sudah ada 243 WNI di Provinsi Hubei dan 100 orang di antaranya berada di Wuhan.

Kondisi terkini Wuhan yakni dalam status diisolasi. Artinya tidak boleh ada orang masuk maupun keluar. Ini menjadi alasan pemerintah Indonesia kesulitan untuk mengevakuasi. Tetapi, sudah ada beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, dan Jepang yang sudah berhasil mengevakuasi warga negara mereka dari Wuhan.