Connect with us

Nasional

Kemendag Buka Rakernas Depalindo, Tingkatkan Daya Saing Ekspor

Published

on

Peserta Rakernas Depalindo 2020

Geosiar.com, Jakarta – Dewan Pemakai Jasa Angkutan Laut Indonesia (Depalindo) mengadakan rapat kerja nasional (Rakernas) di Jakarta, pada hari ini, Kamis (30/1/2020). Rakernas Depalindo 2020 ini mengusung tema ‘Upaya Menekan Biaya Logistik Untuk Meningkatkan Daya Saing Ekspor’ yang dibuka oleh Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Doddy Edward.

Dirjen Doddy Edward mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang berkomitmen dalam melancarkan arus barang perdagangan dan logistik guna mendorong perekonomian nasional. Dirinya berharap Rakernas dapat menghasilkan solusi serta masukkan dalam memberikan perbaikan untuk perdagangan dan logistik nasional.

Edward melaporkan bahwa defisit neraca perdagangan Indonesia mengalami perbaikan pada tahun 2019, yaitu dari USD 8,70 milliar pada 2018 menjadi USD 3,19 milliar sepanjang Januari-Desember 2019.

Apabila melihat angka itu, lanjut Edward, masih besarnya difisit neraca perdagangan pada 2018 itu karena naiknya defisit migas dari USD 8,57 milliar pada 2017 menjadi USD 12,6 milliar pada 2018. Juga diakibatkan turunnya surplus nonmigas dari USD 10,4 milliar pada 2017 menjadi USD 4,0 milliar pada 2018.

Doddy melanjutkan, demi memperbaiki defisit neraca perdagangan Indonesia itu, Kemendag sudah berencana mencanangkan strategi ekspor melalui empat langkah langkah.

Pertama, refokus produk ekspor dari produk primer ke produk industri atau olahan dan diversifikasi produk ekspor maupun produk unggulan ekspor.

Kedua, melakukan pengembangan dan pengamanan pasar tujuan ekspor, serta memperbanyak perjanjian dagang dengan mitra dagang utama.

Ketiga, memperkuat dan memperluas ekspor ke pasar tradisional maupun nontradisional, serta meningkatkan promosi dagang melalui pameran di dalam dan luar negeri, misi pembelian dan misi dagang.

Keempat, mendorong peningkatkan ekspor jasa, meningkatkan kompetensi SDM Ekspor serta membangun iklim perdagangan yang kondusif.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM mengaku sepakat dan bakal fokus melakukan pengembangan ekspor. Selain itu, lanjutnya, dirinya juga optimistis untuk peningkatan investasi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM

Hendrik melanjutkan, tujuannya, guna mendorong pertumbuhan perekonomian nasional yang lebih baik lagi serta meningkatkan efisiensi sistem logistik di Indonesia demi memperkuat daya saing nasional. (tees)

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumut, Drs Hendrik Halomoan Sitompul MM