Connect with us

Nasional

Menlu Laporkan 100 WNI di Wuhan Dalam Keadaan Sehat

Published

on

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Geosiar.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melaporkan bahwa ada 243 warga negara Indonesia (WNI) yang tersebar di 15 titik karantina di China. Sebanyak 100 di antaranya dikarantina di Wuhan, China.

Informasi tersebut diperoleh berdasarkan data dari pemerintah China. WNI itu terpaksa dikarantina karena adanya penyebaran virus corona di negara tersebut.

Para WNI yang dikarantina sebagian besar merupakan seorang pelajar. Pemerintah pun tak henti-henti berkomunikasi kepada para WNI itu.

“Komunikasi kita dengan para pelajar kita buka terus, dari waktu ke waktu kita berkomunikasi dengan mereka untuk memastikan bahwa mereka dalam kondisi sehat,” tutur Retno setelah mengikuti rapat di Kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Dari komunikasi itu, Retno bersyukur karena semua WNI dikabarkan berkondisi sehat per 24 Januari kemarin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari perwakilan Indonesia di Beijing, para WNI yang dikarantina mempunyai cadangan pasokan makanan serta kebutuhan sehari-hari lainnya untuk 3 sampai 5 hari ke depan. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia memikiran untuk mengirimkan bantuan logistik maupun masker.

“Ada keperluan masker yang berkualitas baik, kita sudah kontak BNPB dan akan dikirim melalui Garuda Indonesia dari Beijing akan di kirim ke Wuhan,” ungkapnya.