Connect with us

Lifestyle

Berikut Gejala Virus Corona yang Juga Sebabkan SARS dan MERS

Published

on

Masyarakat Hong Kong lindungi diri dari wabah virus corona. (Foto: AP Photo/Kin Cheung)

Geosiar.com, Lifestyle – Belakangan ini masyarakat di seluruh dunia tengah diteror oleh penyakit misterius yang berasal dari provinsi Wuhan, China pada Desember lalu. Penyakit itu timbul akibat virus corona atau 2019-nCoV. Virus ini diketahui menyerangan pernapasan. Lalu, apa saja gejala yang ditimbulkan dari virus corona?

Dikutip dari Dream, Senin (27/1/2020), virus corona ini menyebabkan gejala yang sangat mirip dengan flu ringan seperti demam, batuk, dan sesak napas. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pasien yang terinfeksi coronavirus akan menderita penyakit pernapasan ringan hingga berat.

Sementara itu, WebMD melaporkan gejala yang ditimbulkan virus ini antara lain hidung berair, batuk, nyeri tenggorokan dan kadang disertai demam hingga 38 derajat celcius. Untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus 2019-nCoV atau bukan, dibutuhkan pemeriksaan laboratorium bisa berupa pemeriksaan air liur dan darah.

Parahnya lagi, virus ini juga bisa menyebabkan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle East Respiratory Syndrome (MERS). Hingga saat ini, belum ada pengobatan atau vaksin yang direkomendasikan untuk mengatasi virus corona.

Sebenarnya, virus ini bisa dilawan dengan sistem imun alami tubuh, jika dalam kondisi baik. Hal yang membahayakan adalah jika virus tersebut menyebar ke saluran pernapasan bagian bawah yaitu tenggorokan dan paru-paru.

Dapat menyebabkan pneumonia, terutama pada orang lanjut usia, orang dengan penyakit jantung, atau orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Komplikasi parah juga bisa terjadi jika pengobatan terlambat, yaitu gagalnya fungsi ginjal.