Connect with us

Sumut

Jelang Imlek, Plt Wali Kota Medan dan Gubsu Serta Rombongan Tinjau Vihara

Published

on

Jelang Imlek 2571, Plt Wali Kota Medan dan Gubernur Bersama Kapoldasu dan Pangdam I/BB Tinjau Vihara (Pemkomedan.go.id)

Geosiar.com, Medan – Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si beserta Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin serta Pangdam I/BB Mayjen TNI MS Fadhilah meninjau sejumlah Vihara dimalam menjelang Perayaan Imlek 2020 atau tahun baru China 2571.

Peninjauan tersebut dilaksanakan terkait kesiapan dan keamanan jelang Imlek supaya umat Budha yang hendak beribadah merasa aman dan nyaman.

Sebelum melakukan peninjauan, rombongan berkumpul di Poslantas Polrestabes-Lapangan Merdeka Medan, sekira pukul 21:00 WIB dengan menunggangi Bus. Rombongan bergerak menuju Vihara Borobudur yang berada di jalan Imam Bonjol. Kehadiran Plt Wali Kota Medan dan Gubernur bersama beserta rombongan disambut hangat oleh Pengurus Yayasan Vihara Borobudur.

Saat meninjau, Plt Wali Kota Medan dan Gubsu tampak melihat letak dalam Vihara Borobudur untuk memastikan keamanan sehingga masyarakat Thionghoa dapat melakukan ibadah dengan nyaman dan aman.

Tak hanya mengunjungi Vihara, rombongan Plt Wali Kota Medan dan Gubsu juga mengecek kesiapan petugas di Pos PAM yang berada di sisi kanan Vihara.

Kemudian rombongan menuju Vihara Setia Budi di jalan Jawa, Kecamatan Medan Timur. Selama peninjauan, tampak masyarakat Tionghoa tengah melakukan ibadah dalam menyambut perayaan Imlek 2571.

Dari Vihara Setia Budi, Plt Wali Kota Medan bersama Gubernur Sumut dan rombongan bergerak menuju Maha Vihara Maitreya yang berada di Komplek Cemara Asri. Vihara tersebut tampak dihiasi dengan pernak pernik lampion di halaman Vihara dan antusias masyarakat Tionghoa yang melakukan prosesi ibadah.

Plt Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa peninjauan ini dilakukan guna meliha kesiapan dan keamanan Vihara jelang Imlek agar umat Budha yang hendak beribadah merasa aman dan nyaman.

“Perayaan malam Tahun Baru Imlek 2571 di Kota Medan berjalan aman, lancar,kondusif dan sangat meriah. Tidak hanya masyarakat Tionghoa, masyarakat lainnya juga ikut bersuka cita. Oleh karena itu terima kasih kepada warga Medan, mari kita jaga suasana yang kondusif ini,” ungkap Plt Wali Kota Medan.

Sebelumnya, Gubsu mengatakan bahwa antusias masyarakat Tionghoa pada perayaan Imlek tahun ini sangat Tinggi, ini menandakan bahwa masyarakat Sumut hidup berdampingan dengan aman dan tentram.

“Melalui Perayaan Imlek ini mari kita jaga keamanan dan menjadikan Provinsi Sumut lebih bermartabat,” kata Gubernur Edy Rahmayadi.

Sementara Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin, Polda Sumut sudah mengerahkan 2473 personel untuk pengamanan Imlek 2571.

Personel bakal melakukan pengamanan dan pengawasan di vihara-vihara selama prosesi ibadah. Selain itu, seluruh Jajaran Polda Sumut diminta untuk tanggap dalam mengantisipasi ganguan Kamtibmas untuk memberikan rasa aman kepada Umat Budha yang melaksanakan Perayaan Imlek.

“Saya Berharap, perayaan Imlek 2571 di Sumatera Utara dapat berjalan lancar, aman, dan tanpa gangguan. Sehingga masyarakat Tionghoa yang akan merayakan Imlek dan beribadah dapat nyaman dan aman,” ujar Kapolda Sumut.

Dalam tinjauan itu, terlihat Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumatera Utara dan FKUB Kota Medan, Kapolrestabes Medan Kombes Pol. Jhony Eddzon Isir, Dandim 0201 BS, Kol Inf Roy J Hansen Sinaga dan Unsur Forkopimda Sumut dan Forkompinda Kota Medan dan Sejumlah Pimpinan OPD Sumut dan Kota Medan.