Connect with us

Olahraga

Shin Tae Yong: Indonesia Minim Pemain Berkualitas

Published

on

Manager pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-Yong saat mengawasi latihan tim di Stadion Wibawa Mukti Cikarang. (Foto: PSSI)

Geosiar.com, Olahraga – Stok pemain berkualitas di Indonesia disebut amat minim. Hal itu diutarakan langsung oleh Manajer dan pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong. Bukan hanya di Timnas U-19 saja, keterbatasan pemain berkualitas bahkan hampir di semua level Tim Merah-Putih. Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) ini mengatakan keterbatasan stok pemain itu terdapat pada posisi penyerang, kiper dan bek tengah.

“Jujur saja stok penyerang berkualitas di Indonesia amat minim. Tapi di posisi itu lebih mending dibanding posisi pemain belakang dan penjaga gawang,” ujar Shin Tae Yong, dikutip dari Bola.com, Jumat (24/1/2020).

Oleh karena itu, Shin Tae Yong mengungkapkan dirinya punya pekerjaan rumah besar yang harus dikerjakannya untuk membenahi ini. Ia memulainya dari memperbaiki kondisi fisik para pesepak bola belia tanah air.

“Fokus utama untuk pemusatan latihan di Thailand latihan fisikal, karena ini menjadi titik terlemah dari pemain-pemain Indonesia. Selain itu juga mindset mereka tentang cara pemain,” lanjutnya.

Pria berusia 50 tahun itu mengaku sudah mengetahui konsekuensi yang akan dihadapi usai menerima pinangan PSSI. Sepak bola Indonesia punya potensi sekaligus aneka persoalan. Dengan demikian, ia mengaku siap menempah Timnas Indonesia U-19 secara bertahap.

“Tak ada yang instan, semua perlu menjalani proses. Semua harus bersabar,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Timnas U-19 Indonesia saat ini tengah menjalani pemusatan latihan (TC) di Alpine Football Camp Training, Chiang Mai, Thailand. Selain TC, Garuda Muda juga bakal menjalani enam laga uji coba bersama tim asal Thailand dan Korea Selatan. TC ini dilakukan mulai 22 Januari sampai 2 Februari 2020.