Connect with us

Ekonomi

Masih Tunggu Restu Jokowi, Rencana Elpiji 3 Kg Jadi Rp 35.000 Belum Diputuskan

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Pemerintah berencana bakal mencopot subsidi gas Elpiji 3 kilogram (kg). Subsidi tidak lagi diberikan pada barang namun langsung kepada yang berhak menerima.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, masyarakat yang kurang mampu tetap kan menerima subsidi. Ia mengatakan, skema itu guna mencegah kebocoran subsidi.

“Subsidi tertutup kita identifikasi dulu kira-kira yang memang berhak menerima tapi nggak batasi, yang menerima tetap menerima. Cuma teregister dan terdaftar jadi bisa teridentifikasi untuk cegah terjadi kebocoran,” ujar Arifin di Kawasan Jakarta Selatan, Jumat (17/1/2020).

Arifin menjelaskan, untuk orang yang mampu tidak dapat menerima subsidi. Artinya, mereka membeli Elpiji 3 kg dengan harga normal tanpa bantuan.

Akan tetapi nantinya, harga jual elpiji ini disesuaikan dengan harga pasar. Jika benar, diperkirakan harganya bisa mencapai Rp 35.000 per tabung.

Kebijakan ini ditargetkan pada pertengahan tahun ini. Diharapkan subsidi Elpiji 3 kg bisa lebih tepat sasaran dengan menyasar langsung kepada penerima manfaatnya yaitu masyarakat miskin.

Menurut survei Kementerian ESDM, rata-rata masyarakat miskin menggunakan 2-3 tabung gas Elpiji 3 kg per bulannya. Dengan begitu, nantinya pembelian tabung keempat dan seterusnya oleh masyarakat miskin tak lagi disubsidi.

“Misalnya dia beli 3 tabung subsidi Rp 100.000 dan bank transfer ke nomor ini (penerima). Nanti bisa dicek rata-rata kebutuhan orang miskin 3 tabung. Kalau beli lebih dari 3 tabung bisa kelihatan berhak atau nggak,” jelas Plt Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa rencana pencabutan subsidi Elpiji 3 kg belum diresmikan. Jokowi mengatakan, keputusan pencabutan subsidi harus melalui rapat terbatas (ratas) terlebih dahulu.

Jokowi bilang keputusan mengenai subsidi Elpiji 3 kg dicabut atau tidak pun harus mendengar penjelasan dari kementerian terkait terlebih dahulu. Bisa dari Kementerian ESDM dan Kementerian Keuangan.

Ekonomi

Erick Thohir: Silahkan Berpartner dengan BUMN Tapi Jangan Diakali

Published

on

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: dok/ist)

Geosiar.com, Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan kepada pihak swasta untuk tidak mengakal-akali BUMN bila menjalin suatu kerja sama dengan perusahaan negara. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara yang digelar CEO CT Corp Chairul Tanjung di Ritz Carlton, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

“Silakan berpartner dengan BUMN yang baik, jangan BUMN-nya diakali. Nih banyak juga BUMN diakali. Jangan sampai taruh di dalam tapi menggerogoti BUMN,” kata Erick dalam sambutannya.

Erick membuka ruang bagi pengusaha swasta untuk bekerja sama dengan perusahaan negara. Tujuannya agar BUMN tak terlalu mendominasi proyek yang ada di dalam negeri. Namun, dia minta para pengusaha swasta tidak mengakali BUMN. Kepada CT, dia bilang banyak swasta mengakali BUMN.

“Dengan ini saya berharap, Pak Chairul saya ingin swasta kerja sama dengan BUMN tapi saya titip, jangan diakali. Kalau saya bangun ekosistem, ayo sama-sama bersaing bersama, bisa bersaing secara internasional. Jangan dibalik, business as usual, BUMN-nya digerogoti, bangkrut. Tolong,” imbuhnya.

Apabila hasil kerja sama BUMN dan swasta merugi, Erick mengatakan tak mungkin bebannya diberikan ke swasta. Padahal BUMN adalah pengelola, bukan pemilik perusahaan.

“Ini bukan badan usaha milik nenek lu. Ini jelas kita pengelola. Ada batasan-batasannya. Kita enggak bisa cemburu sama Pak CT karena perusahaan pribadi,” sebutnya.

Tak hanya itu, Erick juga menegaskan bakal mencopot direksi BUMN yang ingin buat bangkrut perusahaan.

“Saya pastikan juga BUMN yang mau bangkrutkan BUMN, direksinya saya copot, tapi swastanya tolong saya. Keluhan swasta saya dengerin kok tapi win-win juga. Berpartner yang baik supaya hasil baik. Toh agar kepentingan dividennya baik,” pungkasnya.

Continue Reading

Ekonomi

Atasi Corona, Jokowi Diskon Tiket Pesawat Hingga 30 Persen

Published

on

Ilustrasi diskon tiket pesawat.

Geosiar.com, Jakarta – Wabah virus corona mulai menggerogoti perekonomian dunia, tak terkecuali Indonesia akibat larangan perjalanan yang dikeluarkan berbagai negara. Demi mengatasi dampak itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan diskon harga tiket pesawat serta membebaskan pajak hotel dan restoran.

Sejumlah destinasi wisata yang akan diberikan diskon harga tiket pesawat adalah Jogyakarta, Malang, Manado, Bali, Mandalika, Labuan Bajo, Bangka Belitung, Batam, Danau Toba dan Bintan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan diskon tiket pesawat tersebut akan diberikan selama tiga bulan yakni Maret hingga Mei.

“Ini berlaku 3 bulan. Program ini dirasakan jika bermanfaat maka bisa dilanjutkan,” ujar Airlangga, Selasa (25/2/2020).

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan menggelontorkan insentif sebesar Rp443,39 miliar untuk memberikan diskon tiket pesawat wisatawan domestik. Insentif tersebut untuk memberikan wisatawan domestik dukungan.

Selain untuk maskapai, pemerintah juga menyediakan subsidi kepada pemerintah daerah berupa hibah Rp3,3 triliun untuk pembebasan pajak hotel dan restoran terhadap pengusaha.

Jika insentif untuk maskapai berlaku selama tiga bulan, berbeda halnya dengan pengusaha hotel dan restoran yang mendapatkan insentif untuk jangka waktu enam bulan ke depan.

Keputusan pemerintah ini pun mendapat sambutan hangat dari Ketua Umum Asosiasi Perjalanan Wisata (Asita) Nunung Rusmiati. Ia mengatakan kebijakan pemerintah tersebut tepat sasaran.

“Kami senang. Saat ini, travel agent (agen perjalanan) konvensional redup penjualan tiketnya, karenanya banyak main di inbound-outbound sekarang. Ditambah lagi, online travel agent yang izin usaha dan pembayaran pajaknya juga kami tak tahu bagaimana,” ujarnya dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (26/2/2020).

Namun, Nunung sedikit menyayangkan karena insentif diskon tiket pesawat berlaku cuma untuk 10 destinasi. Padahal, destinasi wisata di Indonesia jumlahnya banyak di 34 provinsi. Sehingga, insentif itu dinilai kurang efektif menangkal dampak virus corona terhadap sektor pariwisata secara keseluruhan.

Continue Reading

Ekonomi

Turun Rp 10.000, Harga Emas Antam Masih Terbilang Tinggi

Published

on

Ilustrasi Emas Antam.

Geosiar.com, Jakarta – Emas batangan milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada Selasa (25/2/2020) dibanderol Rp 809.000 per gram. Harga tersebut turun Rp 10.000 bila dibandingkan harga kemarin yang sempat naik dua kali di pagi dan sore harinya.

Meski mengalami penurunan yang cukup besar, harga emas Antam masih terbilang tinggi hari ini. Harga buyback atau pembelian kembali emas Antam pun sama-sama turun Rp 10.000 ke level Rp 731.000/gram.

Melansir dari situs perdagangan Logam Mulia Antam, Selasa (25/2/2020), berikut rincian harga emas Antam hari ini yang sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9%. Bila ingin mendapatkan potongan pajak lebih rendah, yaitu sebesar 0,45% maka bawa NPWP saat transaksi.

Pecahan 1 gram Rp 809.000

Pecahan 5 gram Rp 3.865.000

Pecahan 10 gram Rp 7.665.000

Pecahan 25 gram Rp 19.055.000

Pecahan 50 gram Rp 38.035.000

Pecahan 100 gram Rp 76.000.000

Pecahan 250 gram Rp 189.750.000

Pecahan 500 gram Rp 379.300.000

Pecahan 1.000 gram Rp 758.600.000

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com