Connect with us

Olahraga

Harapan Jokowi untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

Published

on

Presiden Indonesia, Joko Widodo

Geosiar.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap agar tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia dapat melenggang jauh di perhelatan Piala Dunia U-20 tahun 2021. Ia memerintahkan jangan sampai Timnas U-20 tersingkir di babak penyisihan.

“Presiden wanti-wanti betul persiapan Timnas kita. Jangan sampai di penyisihan sudah tersingkir,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali usai rapat terbatas persiapan Piala Dunia U-20 di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Soal penyelenggaraan kompetisi ini, Jokowi sudah memberikan sejumlah arahan kepada para menteri terkait. Pertama, ia ingin stadion yang digunakan berstandar internasional. Ia ingin harus betul-betul representatif untuk pertandingan kelas dunia, dimulai dari lingkungan, lapangan, tempat duduk, ruang ganti, toilet hingga ruangan pers.

Kedua, Jokowi meminta agar ada ketersambungan antara stadion dan sarana transportasi serta akomodasi untuk atlet. Ia mewanti-wanti jangan sampai ada pertandingan yang mundur karena atlet telat datang ke stadion. Ia juga ingin agar sarana dan prasarana akomodasi untuk atlet memiliki pelayanan yang kelas dunia.

Ketiga, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 harus dimanfaatkan sebagai ajang promosi Indonesia kepada dunia internasional. Menurutnya, kompetisi ini bakal menjadi perhatian masyarakat dunia karena diikuti 24 negara dari lima benua.

“Ini momen penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa besar dan negara maju yang mampu melaksanakan event internasional dengan sangat baik,” ucap dia.

Arahannya yang terakhir yakni, ia ingin panitia tak segan belajar dari pengalaman dan kesuksesan penyelengaraan Asian Games 2018.