Connect with us

Sumut

Dua Residivis Narkoba Dihadiahi Timah Panas

Published

on

Kondisi kedua residivis narkoba setelah terkena timah panas polisi. (Foto: art/geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Dua residivis narkoba yang merupakan pengedar sabu di wilayah hukum Polres Serdang Bedagai (Sergai) ditembak polisi karena mencoba melarikan diri.

Kedua pengedar sabu yakni, MA alias Juar (37) warga Dusun I Desa Pon Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Sergai, ditangkap di Kampung Tempel Desa Penggalangan Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai.

Sementara IS alias Kabul (29) warga Dusun X Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Sergai ditangkap di Desa Cempedak Lobang Dusun V, Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Sergai, Jumat (17/1) malam.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari kedua pengedar barang haram itu yakni, dompet berisikan 10 plastik klip kecil yang di dalamnya diduga berisi kristal sabu berat bruto 2,39 gram, 2 plastik klip sedang berisi kristal diduga sabu berat bruto 12.03 gram, 1 unit timbangan elektrik, 1 pipet yang digunakan sebagai sendok sabu.

Kapolres Sergai AKBP R. Simatupang didampingi Kassubag Humas Ipda Zulfan Ahmadi mengatakan, MA alias Juar saat sedang berdiri di pinggir tali air dan langsung diamankan. 

“Dari penggeledahan badan tersangka ditemukan 1 buah dompet warna merah dari saku celana. Tersangka Juar menerangkan mendapat sabu dari IS alias Kabul warga Desa Firdaus, lalu dilakukan pemancingan terhadap tersangka Kabul dan berhasil ditangkap di Desa Cempedak Lobang,” ujar Kapolres.

Petugas melakukan pengembangan, saat Juar diinterogasi Kasat Narkoba di depan kantor Kepala Kejaksaan Negeri (Kajri) Sergai, ia mencoba melompati Kasat dari dalam mobil seketika dengan refleks diberi hadiah timah panas. Tersangka Juar merupakan residivis kasus narkotika tahun 2017 divonis 2 tahun penjara.

Sementara Kabul menerangkan bahwa barang haram jenis sabu itu didapatnya dari W alias Botak yang merupkan warga Balidahan.

“Saat dilakukan pengembangan di lapangan, tersangka mencoba kabur, lalu diberikan tembakan peringatan sebanyak 2 kali namun tersangka tidak mengindahkannya sehingga tersangka diberikan tembakan tepat di kaki sebelah kanan,” jelas Kapolres.

Tersangka Kabul ini juga merupakan residivis kasus narkoba tahun 2017 yang divonis 3 tahun penjara. (art)

Advertisement

Sumut

Jadi Alumni, Bupati Asahan Kunjungi SMP Negeri 1 Pulau Rakyat

Published

on

Bupati Asahan kunjungi SMP Negeri 1 Pulau Rakyat

Geosiar.com, Kisaran – Dikunjungi langsung oleh Bupati Asahan, Kepala Sekolah SMP Negeri I Pulau Rakyat, Juraida, menyatakan rasa haru dan bangga.

Hal tersebut disampaikannya setelah Bupati Asahan, H. Surya BSc berkunjung dan bersilahturahmi ke sekolah tersebut pada Rabu (26/2/2020).

Surya yang merupakan alumni SMP Negeri 1 Pulau Rakyat tersebut berkunjung didampingi oleh Asisten dan para OPD di lingkungan Pemkab Asahan.

“Rasanya sangat haru gembira dan campur bangga karena sekolah kami dikunjungi Bupati Asahan H Surya. Apalagi Pak Bupati itu merupakan salah seorang alumni dari SMPN I Pulau Rakyat ini. Kami bangga sekali,” ungkap Juaraida penuh semangat.

Lebih lanjut, ia berharap agar kedepannya Pemerintah Kabupaten Asahan terus mendukung SMPN I Pulau Rakyat untuk kembali meraih Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Sedangkan Camat Pulau Rakyat Aspihan Daulay, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Bupati Asahan di Kecamatan Pulau Rakyat.

“Semoga dengan kunjungan Bupati Asahan H.Surya dapat menjadi suatu motivasi bagi para guru SMP maupun guru SD yang ada di Kecamatan Pulau Rakyat untuk meningkatkan semangat mengajar sehingga kualitas pendidikan semakin baik,” ujarnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asahan H Surya, BSc mengatakan bahwa seorang kepala sekolah itu, dituntut untuk memiliki semangat dan motivasi diri yang kuat. Sehingga saat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya diemban penuh amanah dan memiliki dedikasi serta jiwa seorang pemimpin yang baik.

“Jika hal itu dapat dilakukan sudah tentu dapat mendorong kepala sekolah untuk tampil sebagai pemimpin yang luar biasa,” tutupnya. (firma pane)

Continue Reading

Sumut

Bupati Sergai Tutup MTQ XVI Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Published

on

Penutupan MTQ XVI tingkat Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2020

Geosiar.com, Sergai – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman resmi menutup kegiatan MTQ XVI Tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2020, di Halaman Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebuh Kecamatan Pegajahan, Sergai, Selasa malam (25/2/2020).

Selain Bupati Sergai Ir H Soekirman, turut hadir juga Ketua DPRD, Dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE diwakili M. Ilham Ritonga, Sekdakab HM Faisal Hasrimy AP MAP, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Anggota DPRD, para Asisten, Staf Ahli Bupati,.

Selain itu hadir juga Kepala OPD, Camat, Ketua MUI H. Hazful Huznain, Ketua IPHI Drs. H. Irfan Elfuadi Lubis, Dewan Hakim, trokoh agama, alim ulama, tokoh masyarakat, official, para kafilah, Kepala Desa, serta para undangan lainnya.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengucapkan terima kasih kepada panitia yang melaksanakan tugas dengan baik, juga petugas kebersihan yang tetap menjaga suasana nyaman dan indah.

“Selamat juga kepada Kecamatan yang berhasil menjadi juara umum dan menjadi perwakilan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ke tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu),” katanya

“Pada bulan April tahun ini, Insha Allah Kafilah Sergai akan memberikan yang terbaik dan membawa nama harum ini pada perhelatan MTQ ke-XXXVIII Tingkat Provsu,” tambahnya.

“Man Jadda Wad Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh maka akan mendapatkan keberhasilan. Mari kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pesan Ustadz Abdul Somad yang beberapa hari lalu hadir di Sergai bahwa generasi Qur’ani dapat menghindarkan kita dari hal-hal yang tidak baik dan dapat merusak akhlak,” sebut Bupati mengakhiri.

Sementara Ketua DPRD dr Riski Ramadhan Hasibuan SH SE diwakili M. Ilham Ritonga menyampaikan, atas nama lembaga DPRD memberikan apresiasi dan kebanggaan atas terselenggaranya gelaran kegiatan MTQ ke-XVI Tingkat Kabupaten Sergai tahun ini dapat terlaksana dengan meriah dan sukses.

Dikatakan Ritonga, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini khusus kepada Dewan Hakim yang telah bekerja keras dalam memberikan penilaian kepada para Kafilah.Dengan kegiatan ini dapat menambah rasa cinta dan penghayatan Al Qur’an bagi generasi muda guna menjadi generasi muslim yang Qur’ani dan berakhlak mulia.

“Sedangkan kepada para juara agar jangan cepat berbangga diri, namun terus asah kemampuan guna menuju gelaran yang lebih tinggi lagi yaitu MTQ Tingkat Provsu yang akan digelar di Kota Tebing Tinggi nanti. kepada yang belum menang agar jangan berkecil hati, namun terus berlatih lagi karena para juara pasti pernah mengalami gagal, namun karena kerja keras kemudian berhasil meraih juara,” ucap Ritonga.

Sebelumnya, panitia Sekdakab Sergai HM Faisal Hasrimy AP MAP mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT karena sudah selesai menggelar kegiatan MTQ ke-XVI Tingkat Kabupaten Sergai tahun ini ditempat bersejarah yang pernah menggelar event MTQ Tingkat Provsu beberapa tahun yang lalu.

Para juara dari berbagai kelas yang dipertandingkan nantinya akan dilaksanakan training center terlebih dahulu untuk kemudian yang terbaik akan mewakili Kabupaten Sergai pada gelaran MTQ Tingkat Provsu Tahun 2020 di Kota Tebing Tinggi.

“Terimakasih kepada semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini, semoga tujuan menciptakan generasi Muslim yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan kiranya dapat segera terwujud,” kata Sekdakab Sergi.

Adapun kecamatan yang meraih juara adalah Kecamatan Perbaungan meraih gelar juara umum disusul Kecamatan Teluk Mengkudu, Kecamatan Sei Rampah, Kecamatan Bintang Bayu, Kecamatan Pegajahan dan Kecamatan Dolok Masihul. (art)

Continue Reading

Sumut

2 Minggu Diintai, Pengedar Sabu Akhirnya Tertangkap

Published

on

Pelaku yang berhasil diringkus aparat Polsek Dolok Masihul. (Foto : art/Geosiar.com)

Geosiar.com, Sergai – Tim Opsnal Reskrim Polsek Dolok Masihul berhasil meringkus pengedar sabu yakni Arianto Sipayung alias Grandong (20) warga Dusun I Desa Kuala bali, Kecamatan Serba Jadi, Serdang Bedagai, saat sedang duduk di teras rumah milik warga yang tak jauh dari rumahnya pada Selasa (25/2/2020) sekitar pukul 16.30 WIB.

Pelaku merupakan target tang sudah diintai selama dua minggu. Tim Opsnal Reskrim Polsek Dolok Masihul terus melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang cukup meresahkan masyarakat. Dimana pelaku ini sering mengusai maupun memiliki dan menjual narkotika jenis sabu. 

Upaya penyelidikan oleh petugas pun akhirnya membuahkan hasil. Pelaku dan barang bukti berupa 2 plastik klip transparan berukuran kecil berisi butiran kristal warna putih yang diduga sabu dengan berat 1,6 gram, selembar uang kertas Rp 2.000, sebuah jarum peniti dan sebuh pipet yang runcing pada salah satu ujungnya.

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH, MHum kepada awak media, Rabu (26/2/2020) mengatakan bahwa penindakan pelaku untuk menindaklanjuti informasi dari masyarakat kepada petugas Bhabinkamtibmas Polsek Dolok Masihul.

“Selama dua minggu tim melakukan penyelidikan terhadap pelaku, setelah di perjalanan tim melihat tiga orang laki-laki yang sedang duduk di teras rumah warga. Selanjutnya, tim opsnal melakukan penangkapan terhadap pelaku Sipayung alias Grandong yang sedang duduk di situ,” ungkap AKBP Robin Simatupang.

“Namun, pelaku terlihat sempat membuang bungkusan plastik yang diduga sabu di teras rumah warga tersebut. Sehingga petugas memperintahkan pelaku untuk mengambil barang tersebut dan mengakui bahwa barang tersebut adalah miliknya,” lanjut eks Kapolres Batubara itu.

Dari hasil interogasi, pelaku mengaku memperoleh barang haram tersebut dari seseorang berinisial MR (Mandor) warga Serbajadi, Kabupaten Sergai. Selanjutnya tim melakukan pengembangan namun pelaku tidak berada di rumah.

“Saat ini tersangka berikut barang bukti narkotika jenis sabu sudah diamankan di limpahkan ke Sat Narkoba Polres Sergai guna proses lebih lanjut dan Pelaku Kita kenakan Pasal 114 (1) Sub Psl 112 UU RI No. 35 Tahun 2009 dengan ancaman hukuman penjara paling lama 20 Tahun,” ungkap Kapolres. (art)

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com