Asosiasi UMKM Harap Pemprov Sediakan Tempat Promosi di Kantor OPD

by

Geosiar.com, Medan – Asosiasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengimbau agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut membantu dalam penyediaan tempat promosi di setiap kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

“Asosiasi UMKM Sumut mau bekerja sama untuk terobosan ini bila Pemprov Sumut bersedia, sebab ini merupakan wujud promosi UMKM,” ujar Ketua Asosiasi UMKM Sumut, Anna Sianturi, dikutip dari Suaratani.com, Sabtu (18/1/2020).

Menurutnya, dengan disediakannya tempat khusus promosi di setiap kantor OPD dapat mendongkrak produksi para pelaku UMKM karena akan sangat membantu produk UMKM dikenal masyarakat luas.

“Kalau tamu datangkan bisa membeli produk UMKM unggulan Sumut secara langsung, paling tidak mereka tahu ada produk seperti itu di Sumut. Karena banyak produk UMKM yang punya kualitas bahkan berorientasi ekspor,” jelas Anna.

Imbauan ini disampaikan Anna mengingat para pelaku UMKM yang harus patungan untuk menyewa booth setiap kali mengikuti pameran. Sementara pemerintah sendiri masih terbilang jarang memberikan fasilitas dan hanya selalu menuntut agar produk UMKM terus dipasarkan.

“Semua ini dilakukan karena keinginan pelaku usaha untuk bisa mempromosikan produknya agar lebih dikenal. Kita juga berusaha, karena kita bukan membawa pribadi melainkan nama daerah,” imbuhnya.

Oleh karena itu, ia berharap Gubernur Edy Rahmayadi segera menyarankan para OPD-nya untuk menyediakan salah satu tempat promosi bagi produk-produk UMKM Sumut,

“Bapak Gubernur Sumatera Utara adalah Bapak Asuh UMKM di provinsi ini. Karenanya, kami berharap hal itu dapat dilakukan melihat perkembangan UMKM Sumut saat ini sudah signifikan,” harap Anna.

Pemerintah diharapnya lebih lagi memperhatikan pelaku UMKM sebab banyak produk yang punya kualitas bahkan berorientasi ekspor tapi butuh pendampingan dan pelatihan dalam berbagai hal, seperti kemasan, rasa dan lain-lain.

“Kita memohon bagaimana pemasaran produk-produk UMKM ini meningkat lewat promosi yang dilakukan. Saling kerjasama dengan asosiasi yang ada sangat kita harapkan, karena tujuannya sama yakni meningkakan produk UMKM yang sudah punya kualitas,” lanjutnya.

Keluhan pelaku UMKM selama ini, lanjut Anna, ialah masalah ruang dan tempat untuk memasarkan produknya, mereka membutuhkan itu. Maka dari itu, perlunya dukungan dari pemerintah dalam hal ini

“Dengan adanya kerjasama antara pelaku UMKM dengan pemerintah, produk UMKM Sumut pastilah naik kelas,” pungkasnya.

Menurut Anna, produk UMKM bisa ditempatkan di kantor OPD seperti Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Ketahanan Pangan, Badan Perizinan, Penanaman Modal, Lingkungan Hidup, dan OPD lainnya. Bahkan di Kantor Gubernur Sumatera Utara.