Connect with us

Dunia

AS Minta Iran Stop Ancam Dunia

Published

on

Perwakilan Khusus Amerika Serikat untuk Iran, Brian Hook. [Foto: Reuters]

Geosiar.com, Washington – Amerika Serikat (AS) meminta agar Iran berhenti mengancam dunia sebab hal itu akan membuat negara para Mullah itu semakin terisolasi. Peringatan itu disampaikan oleh Perwakilan Khusus AS untuk Iran, Brian Hook.

“Selama rezim (Iran) mengancam dunia, ia akan menjadi lebih terisolasi. Sebelum mereka berperilaku seperti negara normal, maka isolasinya hanya akan semakin dalam,” ujar Hook menanggapi kotbah salat Jumat yang disampaikan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, dikutip dari Reuters, Sabtu (18/1/2020).

Seperti diketahui, hubungan antara Iran dan AS semakin memanas setelah terbunuhnya komandan Pasukan Quds IRGC Iran, Jenderal Qassem Soleimani. Pembunuhan yang disetujui Presiden Donald Trump itu berakhir dengan serangan-serangan balik yang digencarkan Iran ke dua markas militer AS di Irak.

Geram atas perlakuan AS, Khamenei mengatakan kepada para jamaah yang meneriakkan “Matilah Amerika” bahwa pasukan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran juga dapat melakukan perlawanan di luar perbatasan Iran. Hal itupun terbukti dengan serangan lebih dari selusin rudal blastik yang ditujukan ke dua markas militer AS di Irak.

Serangan pertama dilakukan pada pada 8 Januari 2020 sebagai awal dari balas dendam atas pembunuhan Jenderal Soleimani oleh serangan udara AS di Baghdad pada 3 Januari 2020. Lebih dari selusin rudal blastik ditujukan ke markas militer AS tersebut.