Connect with us

Nasional

Puluhan Ton Kayu Curian Dari Hutan Bukit Barisan Diamankan Warga Desa Kuta Rayat Kabupaten Karo

Published

on

barang bukti puluhan ton kayu yang diamankan warga desa kutarayat kecamatan naman teran kabupaten karo

Tanahkaro – Geosiar – Puluhan Ton kayu olahan yang diduga berasal dari hutan negara yang berlokasi diwilayah hutan raya bukit barisan jalan tembus Karo – Langkat diamankan langsung oleh masyarakat desa kutarayat saat melintasi desa kutarayat kabupaten karo (16/1/2020).

Kayu kayu tersebut saat ini masih diamankan dihalaman kantor kepala desa kutarayat dengan penjagaan dari petugas kepolisian bersama TNI dan masyarakat.

Dilokasi, sitepu mengatakan bahwa puluhan ton kayu olahan tersebut berasal dari jalan tembus, kami kembali meminta agar pihak kepolisian mampu menghentikan kegiatan ilegal logging tersebut dan mengejar para pelaku beserta supir yang melarikan diri untuk dapat diproses hingga ke pengadilan, agar tidak lagi terjadi kegiatan pencurian kayu milik negara.

kami sangat bingung melihat polisi kehutanan provinsi sumatra utara dan polisi dari Polres karo yang terkesan melakulan pembiaran hingga kegiatan pencurian kayu ini dapat berlangsung selama bertahun tahun yang terlihat seperti tanpa ada miliki ketakutan, kami sering keberatan dan terganggu bila truk truk pengangkut kayu itu melintasi kampung kami ini,ujar sitepu didesa kutarayat.(17/1/2020).

Warga lainya berharap agar pihak aparat hukum mencari bos pelaku ilegal logging tersebut dan polisi juga harus melakulan police line diarea penebangan agar tidak ada lagi kegiatan ilegal logging ataupun pencurian kayu milik negara didekat desa ini.(17/1/2020)

Kami berharap mudah mudahan polisi mau membantu keinginan kami warga desa kutarayat ini dan sangat berharap agar polisi juga tidak ragu untuk berpihak kepada kebenaran dengan memproses oknum yang harus mempertanggungjawabkanya, harap surbakti mengakhiri.

Pihak Kepolisan sektor simpang empat AKP Dedy Ginting menyatakan bahwa pihaknya langsung melakulan penjagaan dan menitipkan barang bukti didesa kutarayat bersama masyarakat dan kita langsung lakulan prnyelidikan dan pasti akan tetap melakulan proses hukum sebagaimana mestinya, ujar kapolsek saat dilokasi.(17/1/2020)./edi surbakti

Advertisement

Nasional

PC PPM Kabupaten Karo Tempati Sekertariat Organisasi Di Kota Kabanjahe

Published

on

pengurus PC PPM Tanahkaro bersama Resimen PD II PPM Sumut

Kabanjahe – Geosiar – Pimpinan Cabang (PC) Pemuda panca marga (PPM) Kabupaten karo bersama Komandan Resimen PD II PPM sumatra utara memasuki kantor sekertariat PC PPM Kabupaten Karo dijalan Kapten Selamat Ketaren no 31 Kabanjahe, senin (30/3/2020).

Ketua PC PPM Kabupaten karo Roy Sadely Tarigan menyatakan “hari ini kita mendirikan pelank sebagai tanda keberadan sekertariat PC PPM Kabupaten Karo dan sekertarit ini sebagai wadah ataupun tempat berkumpul, bermusyawarah dan berbagi informasi, ujar ketua PPM Karo, senin (30/3/2020) dikabanjahe.

Lanjutnya lagi, agar masyarakat dan pemerintahan setempat juga mengetahui keberadaan alamat jelas sekertariat PC PPM Kabupaten karo, dan bila memiliki kepentingan terkait seluruh kegiatan maupun aktifitas dari Organisasi kepemudaan PPM karo dapat menghubungi sekertariat.

Seluruh anggota PPM Karo siap menerima masukan masukan untuk kemajuan Organisasi PPM di kabupaten karo dan juga siap membantu masyarakat dan pemerintahan kabupaten karo bila membutuhkan relawan relawan kemanusiaan didalam bencana, pinta Sadely Tarigan sembari mengakhiri.

Komandan Resimen Organisasi kepemudaan PD II PPM Sumatra utara, caesar ginting menambahkan “agar pemerintahan kabupaten karo beserta masyarakat pada umumnya tidak segan segan untuk datang ke sekertariat PC PPM karo untuk dapat bersama sama saling mengisi kelebihan dan kekurangan untuk memajukan pembangunan kabupaten karo ini, pinta Caesar./edy surbakti

Continue Reading

Nasional

Corona di Indonesia 30 Maret: Positif 1.414 Orang, 122 Meninggal, 75 Sembuh

Published

on

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto

Geosiar.com, Jakarta – Penambahan kasus terkonfirmasi positif Corona di Indonesia pada Senin (30/3/2020) berjumlah 129 orang. Sehingga menjadi 1.414 orang. Total sembuh 75 orang dan yang meninggal 122 orang.

Jumlah tersebut disampaikan juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto pada Senin (30/3/2020).

Yurianto mengingatkan kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga jarak dan interaksi fisik. Selain itu, ia juga menegaskan masyarakat harus disiplin untuk tidak keluar rumah dan rajin mencuci tangan.

Yurianto pun mengatakan anak-anak muda mempunyai potensi besar sebagai pembawa (carrier) virus corona. Para anak muda menurutnya bisa tanpa sadar menularkan kepada orang tua atau manula.

“Anak muda yang nampak sehat dalam beberapa kasus justru bisa menjadi pembawa mikroorganisme SARS-CoV-2 kepada golongan manusia usia lanjut (manula). Ketika kita terkena dan tidak isolasi diri, ini problem mendasar sehingga sebarannya cepat,” kata Yuri.

Hal ini terjadi saat anak muda yang terkena virus tampak sehat. Mereka secara langsung maupun tak langsung membawa virus tersebut ke lingkungan yang terdapat manula ketika ia berpergian.

Achmad Yurianto mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi anjuran di rumah saja untuk isolasi diri. Selain itu, ia juga meminta masyarakat mengurangi aktivitas dan interaksi di luar rumah.

Continue Reading

Ekonomi

Opsi Lockdown, Rupiah Diprediksi Tertekan Hari Ini

Published

on

Ilustrasi

Geosiar.com, Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) di perdagangan awal pekan hari ini, Senin (30/3/2020) diprediksi tertekan. Dalam perdagangan sebelumnya, rupiah berada di kisaran level Rp16.170/USD atau sedikit membaik.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra melaporkan, pasar aset berisiko termasuk rupiah mungkin akan tertekan di hari Senin lantaran pasar kembali mengkhawatirkan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19 yang sudah memberikan dampak negatif ke perekonomian, seperti yang disampaikan oleh IMF bahwa wabah corona sudah menyebabkan krisis ekonomi dan keuangan global.

Kebijakan lockdown yang diterapkan sejumlah negara juga memberi dampak pada perekonomian. Indonesia diketahui belum mengambil langkah lockdown, akan tetapi sinyal ke arah karantina wilayah tampak menguat.

“Lockdown karena wabah menyebabkan aktivitas ekonomi berkurang dan menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara,” tutur Ariston di Jakarta, Senin (30/3/2020).

Dia melanjutkan, data ekonomi yang dirilis pekan lalu negara yang terkena wabah seperti AS, Eropa dan Inggris, menunjukkan pelemahan yang cukup dalam. Contohnya data tenaga kerja AS yang menunjukkan jumlah orang yang menganggur bertambah 10 kali lipat lebih.

“Data aktivitas manufaktur dan sektor jasa juga mengalami penurunan yang signifikan,” katanya.

Dirinya menambahkan, sentimen penahan pelemahan mungkin datang dari ditandatanganinya UU stimulus jumbo Amerika Serikat yang mengeluarkan dana hingga USD2 Triliun untuk meredam dampak negatif wabah di perekonomian AS.

“Hari ini Rupiah berpotensi bergerak di kisaran 16.100-16.300 per dolar AS,” tutur dia.

Continue Reading
Advertisement

BERITA NASIONAL

Advertisement

Trending

Alamat Redaksi : Jl. Mataram No. 21 Gedung Catolic Center Lt 2 Medan – Sumatera Utara, Telp. +626180514970 Email : geosiar.com@gmail.com Copyright © 2017-2018 Geosiar.Com