DKPP Resmi Copot Jabatan Wahyu Setiawan Sebagai Anggota KPU

by

Geosiar.com, Jakarta – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akhirnya resmi melepaskan Wahyu Setiawan dari jabatannya sebagai Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jabatan Wahyu dicopot ketika sidang putusan DKPP yang dibacakan pada hari ini karena dianggap melanggar etik pada kasus dugaan suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR periode 2019-2024.

“Memutuskan, satu, mengabulkan pengaduan para pengadu untuk seluruhnya,” ungkap Plt Ketua DKPP Muhammad ketika membacakan putusan di Ruang Sidang DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (16/1/2020).

Lanjutnya, Kedua, yakni menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada taradu Wahyu Setiawan selaku anggota KPU RI sejak putusan tersebut dibacakan.

DKPP dalam putusannya meminta Bawaslu agar menjalankan putusan tersebut. Tak hanya itu, putusan tersebut juga memerintahkan Presiden supaya menjalankan putusan itu paling lama tujuh hari setelah putusan dibacakan.

“Tiga, memerintahkan Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini. Dan empat, Presiden RI untuk melaksanakan putusan ini paling lambat 7 hari sejak putusan ini dibacakan,” tambahnya.

Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Muhammad dan dua Anggota DKPP yakni Ida Budhianti dan Teguh Prasetyo. Sidang itu namun tidak dihadiri oleh Wahyu sebagai teradu.

Sedangkan pihak pengadu dihadiri oleh Ketua Bawaslu Abhan beserta Anggota Bawaslu Rahmad Bagja dan Ratna Dewi Pettalolo. Lalu dari pihak terkait hadir pula Ketua KPU Arief Budiman dan dua Komisioner KPU Hasyim Asy’ari serta Viryan Aziz.