Connect with us

Sumut

Belasan Ribu Umat Katolik Sumut Rayakan Misa Natal Akbar

Published

on

Antusiasme belasan ribu umat Katolik yang merayakan Misa Natal Akbar di di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Pancing Medan, Sabtu (11/1/2020) pukul 14.00 WIB. (foto: yaya/Geosiar.com)

Geosiar.com, Medan – Belasan ribu umat Katolik di Sumatera Utara (Sumut) ikut merayakan Misa Natal Akbar Tahun 2019 yang berlangsung di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Jalan Pancing Medan, Sabtu (11/1/2020) pukul 14.00 WIB. 

Acara yang mengangkat tema ‘Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang’ ini dihadiri oleh Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap; Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi serta istri; Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin Siregar; Kasdam I/BB Brigjen TNI Untung Budiharto, Dandim 02/01 BS Kol Inf Roy J Hansen Sinaga; Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edizon Isir, unsur Forkopimda.

Kemudian, Ketua Yayasan Medistra Yohanes Sembiring; Kasdam Sumut; Kepala BIN; Ketua FKUB; Ketua PGI, perwakilan DPR RI; perwakilan Wali Kota Medan Kadis Pencegah & Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan Albon Sidauruk, perwakilan Bupati Simalungun; para Pastor dan Suster serta belasan ribu umat Katolik dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi beserta Uskup Agung  Mgr Kornelius Sipayung OFMCap dan puluhan pastor. [Foto: yaya/Geosiar.com]

Dalam laporannya, Ketua Panitia Misa Natal Akbar, Parlindungan Purba menyampaikan bahwa perayaan natal ini digelar sekaligus untuk menandai satu tahun kepemimpinan Uskup Agung Medan, Mgr Kornelius Sipayung OFMCap, yang dilantik pada Februari 2019. Karenanya, perayaan tersebut dilaksanakan cukup besar dan dihadiri sekitar 15.000 orang. 

“Izinkan kami melaporkan bahwa hari ini adalah hari perayaan natal antar Keuskupan Katolik 2020. Ini adalah sesuatu yang membanggakan karena semua parokia, semua pastor paroki memberikan saran-saran luar biasa,” ujar Parlindungan Purba. 

Tak lupa, Parlindungan juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para donatur yang sangat bernilai bagi panitia. 

Dalam sambutannya, Uskup Agung Mgr Kornelius Sipayung OFMCap mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat Katolik yang berkenan hadir dalam perayaan misa akbar ini. Ia juga mengapresiasi kinerja panitia yang menyusun seluruh kegiatan hanya dalam kurun waktu tiga minggu. 

“Seperti yang disampaikan panitia, persiapan natal ini hanya dilakukan 3 minggu lamanya. Untuk itu, [saya] apresiasi panitia dan pastor-pastor paroki yang telah menggerakkan umat untuk menghadiri perayaan ini,” tutur Uskup. 

Dalam kesempatan itu, Uskup mengajak seluruh umat yang hadir untuk dapat menjadi sahabat bagi semua orang, seperti Yesus Kristus yang bersahabat dengan umatnya hingga rela mati di kayu salib untuk mebus dosa manusia. 

“Kita semua bersahabat. Kita semua bersaudara. Kita adalah satu nusa satu bangsa. Saya bangga dengan umat ini yang mempunyai hati yang senang, hati yang bersahabat, hati yang kompak,” ujar Uskup.

Acara kemudian dilanjutkan dengan misa yang dipimpin langsung oleh Uskup Agung Medan Mgr Kornelius Sipayung OFMCap didampingi puluhan pastor-pastor paroki di Medan dan sekitarnya. 

Penampilan dari Gubsu, Uskup Agung, Kapolda dan Kasdam I/BB yang menyayikan lagu batak berjudul Alusi Au. [Foto: yaya/Geosiar.com]

Acara ini dimeriahkan oleh paduan suara Institut Kesehatan Medistra Lubukpakam dan artis ibukota Trio The Voice. Bahkan, hiburan dan penampilan dari Gubsu, Uskup Agung, Kapolda dan Kasdam I/BB yang menyayikan lagu batak berjudul Alusi Au . (yaya)