Connect with us

Nasional

Hasto Kristiyanto Bakal Diperiksa Terkait Kasus Suap Komisioner KPU

Published

on

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto.

Geosiar.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kemungkinan bakal ikut diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap Komisioner KPU Wahyu Setiawan untuk proses pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR RI terpilih dari PDIP periode 2019-2024.

“Kalau penyidik membutuhkan keterangan yang bersangkutan pasti akan dipanggil,” ujar Plt juru bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Lili Pantuali Siregar juga telah menegaskan akan memeriksa pihak-pihak yang diduga terlibat dalam kasus tersebut, termasuk Hasto Kristiyanto. Pemeriksaan itu akan berguna untuk pengembangan dan pendalaman sumber uang suap yang diberikan kepada tersangka Wahyu Setiawan.

“Untuk soal manggil pihak-pihak terkait yang disebut, misalnya seperti Pak Hasto, ini kembali ke penyidikan. Tetapi mungkin tidak saja hanya kepada Hasto tetapi mungkin kepada pihak-pihak terkait yang berhubungan dengan pengembangan perkara ini pasti juga ada panggilan-panggilan,” ucap Lili di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Seperti diketahui, Komisioner KPU Wahyu Setiawan resmi ditetapkan sebagai tersangka bersama mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Agustiani Tio Fridelina (ATF) sebagai penerima suap. Keduanya disangka menerima suap dari anggota DPR RI Fraksi PDIP, Harun Masiku dan staf di PDIP, Saeful.

KPK menduga Wahyu dan Agustiani menerima suap sebesar Rp 900 juta untuk memuluskan jalan Harun Masiku ditetapkan sebagai anggota DPR RI menggantikan caleg terpilih dari PDIP atas nama Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia pada Maret 2019 lalu.