Connect with us

Politik

Bebas dari Penjara, Nasdem Yakin Ratna Sarumpaet Lebih Berhati-hati

Published

on

Ratna Sarumpaet Bebas

Geosiar.com, Jakarta – Partai Nasdem yakin bahwa terpidana kasus hoaks Ratna Sarumpaet akan menjadi sosok yang lebih berhati-hati dalam berkata dan berperilaku usai dinyatakan bebas dari penjara.

“Tentu beliau akan lebih berhati-hati dalam memperjuangkan sesuatu ke depan,” ujar Politikus Nasdem Irma Suryani Chaniago, Jakarta, Jumat (27/12/2019).

Irma mengatakan bahwa pemerintah membutuhkan masukan dan kritikan dari elemen masyarakat dan aktivis. Hal tersebut sebagai check and balances di alam demokrasi.

Namun, lanjut Irma, aktivis seperti Ratna Sarumpaet yang dikenal vokal lebih bisa bijak dalam memberikan pernyataan dan kritikan. Bukan dengan cara membuat informasi bohong atau hoaks.

“Kami tetap butuh check and balances dari para aktivis, namun sebaiknya yang konstruktif bukan karena tidak suka tetapi betul-betul karena untuk perbaikan,” kata Irma.

Akhirnya Ratna Sarumpaet dapat menghirup udara bebas dari Lapas Perempuan kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur usai menjalani masa penahanan selama 15 bulan.

Ibu dari aktris Atiqah Hasiholan itu resmi bebas usai permohonan pembebasan bersyaratnya dikabulkan oleh Kemenkumham.

Diketahui, Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Joni, sudah menjatuhkan vonis bersalah terhadap Ratna Sarumpaet, terdakwa kasus hoax atau berita bohong pada Kamis 11 Juli 2019.