Connect with us

Dunia

Balas Dendam! ISIS Penggal Kepala 11 Sandera Asal Nigeria

Published

on

Tawanan ISIS yang merupakan pemeluk agama Kristen di Nigeria. [Foto: mirror.co.uk]

Geosiar.com, Nigeria – Kelompok militan Islamic State in Iraq and Syria alias ISIS mengeksekusi mati 11 orang laki-laki pemeluk agama Kristen kewarganegaraan Nigeria. Eksekusi itu dilakukan dengan cara memenggal kepala korban.

Peristiwa itu diketahui dari sebuah video berdurasi 56 detik yang dibagikan IsIS melalui kantor berita Amaq sehari sebelum eksekusi mati dilakukan. Dalam video itu, ISIS mengatakan bahwa kesebelas sandera diculik dalam beberapa pekan terakhir di Negara Bagian Borno, wilayah utara Nigeria.

Dikutip dari Tempo, Sabtu (28/12/2019), perbuatan ini merupakan aksi balas dendam kelompok radikal itu atas pembunuhan terhadap Pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi. Dari 11 sandera, satu di antaranya ditembak mati. Para tawanan memohon agar Asosiasi Kristen Nigeria dan Presiden Muhammadu Buhari menyelamatkan nyawa mereka.

Eksekusi tersebut dilakukan pada Kamis (26/12), sehari setelah perayaan Natal. Berdasarkan video, proses eksekusi itu dilakukan di luar ruangan, tapi tak diketahui lokasinya.

Seperti diketahui, Abu Bakr al-baghdadi tewas bunuh diri dengan rompi berpeledak yang dikenakannya ketika berupaya melarikan diri dari pasukan khusus dari Amerika Serikat yang menggeledah rumahnya di Suriah pada 26 Oktober lalu.