Connect with us

Nasional

Ratna Sarumpaet Bebas Bersyarat per Hari Ini

Published

on

Ratna Sarumpaet dinyatakan bebas dari Lapas perempuan kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur pada Kamus (26/12/2019. [Foto: dok. kuasa hukum Ratna Sarumpaet Desmihardi]

Geosiar.com, Jakarta – Permohonan bebas bersyarat terpidana kasus penyebaran berita bohong alias hoaks penganiayaan, Ratna Sarumpaet dikabulkan. Sehingga, Ratna secara resmi bebas dan keluar dari Lapas Kelas II-A Pondok Bambu, Jakarta Timur per Kamis (26/12/2019).

“Pada hari ini tanggal 26 Desember 2019, Ibu Ratna Sarumpaet secara resmi bebas dan keluar dari Lapas Perempuan Kelas II-A Pondok Bambu. Pembebasan ini diberikan setelah permohonan pembebasan bersyarat (PB) Ibu Ratna diterima dan dikabulkan,” tutur kuasa hukum Ratna Sarumpaet, Desmihardi, kepada wartawan, Kamis (26/12/2019).

Surat keterangan pembebasan bersyarat (SKPB) itu berasal dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI). Desmihardi mengatakan, kliennya itu akan menghabiskan waktu bersama keluarga selepas bebas nanti.

“Rencananya sehabis menjalani masa hukuman ibu Ratna akan menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama anak cucunya,” ujar Desmihardi.

Untuk diketahui, Ratna divonis 2 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan pada 11 Juli 2019. Hukuman itu lebih rendah dari tuntutan jaksa yang menuntut enam tahun penjara.

Namun, Ratna hanya menjalani masa kurungan selama 15 bulan terhitung sejak Oktober 2018 karena mendapat remisi Idul Fitri dan 17 Agustus lalu.

“Ibu Ratna mendapatkan remisi Idul Fitri dan 17 Agustus yang diberikan oleh Menkum HAM sehingga, dari total 2 tahun hukuman penjara, Ibu Ratna Menjalani masa hukuman lebih-kurang 15 bulan, terhitung sejak Oktober 2018,” jelas Desmihardi.